Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.15061Keywords:
media pembelajaran, audio visual, quizizzAbstract
Adanya pandemi membuat proses pembelajaran yang semula dilakukan secara langsung langsung diubah menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, sangat penting untuk seorang guru menggunakan berbagai media untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media audiovisual dan Quizizz pada pembelajaran daring surat pribadi dan surat dinas. Dalam materi surat pribadi dan surat dinas rata-rata peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi tersebut, hal ini dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka yaitu mencari informasi pada jurnal, artikel, buku, dan berbagai macam referensi lainnya untuk menunjang penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran audiovisual sangat membantu dalam pemahaman dan lebih menarik dalam mempelajari materi pembelajaran disaat pembelajaran daring. Pengaplikasian media Quizizz dalam pembelajaran daring menjadikan permasalahan kejenuhan peserta didik teratasi dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan serta hasil belajar peserta didik dalam materi surat pribadi dan surat dinas meningkat dengan rata-rata memperoleh di atas kriteria ketuntasan minimal. Kedua media tersebut dapat dikatakan efektif dan membuat peserta didikpun tidak merasa bosan dan lebih aktif lagi setiap menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.
References
Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859
Aini, Y. I. (2019). (PENTING) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.
Azhar, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi. Rajawali Pers. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667
Cahyani, D. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Teks Surat Pribadi Dan Surat Dinas Smp Negeri Di Kabupaten Sleman. Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1, 7(6), 655–666.
Chávez Arcega, M. (2010). Instructional technology and media for learning. Revista Mexicana de Investigación Educativa.
Degirmenci, R. (2021). The Use of Quizizz in Language Learning and Teaching from the Teachers’ and Students’ Perspectives: A Literature Review Article Info Abstract. Language Education and Technology (LET Journal), 1(1), 1–11. http://langedutech.com
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Daring Online Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 426–431. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.943
Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN SAINS. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan, 4(1), 18–22.
Maghfiroh, R. D., Fanani, A., & Susiloningsih, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “3D Glasses” Pada Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Di Sekolah Dasar. April, 241–248.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis dan Penelitian Deskriptif. Jakarta: Referensi (GP Press Group.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Eductech Undiksha, 7(1), 12–22.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Peserta didik dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Traditional Games Improve Children’s Basic Skills. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.
Wasonowati, T. R. R., Redjeki, T., & Ariani, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Inthan Nenditha, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Asih Martiasari, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Husni Qodariah, Sylvia Rabbani, Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Hurul Ain, Ade Siti Haryanti, Ridhowati, The Influence of Audio-Visual Advertising Media on the Ability to Write Persuasive Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 9 East Jakarta , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Monica Desy Deria, Duhita Savira Wardani, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Febrianti Amini, Jajang Bayu Kelana, Ronny Mugara, Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Enur Nurmawati, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
You may also start an advanced similarity search for this article.