PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA MTs KELAS VIII
(1) IKIP Siliwangi Bandung
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Ardaya Ahmad (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1, 72–83.
Kemendikbud, Puspendik. (2019). Hasil Ujian Nasional. [online] tersedia: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!& [diakses: 20 September 2021]
Mulyasa, H. E. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245–258.
Salam, N. A., Diansyah, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Mind Map. Prisma Universitas Suryakancana, 9(2), 136–145.
Setiabudi, Agung; Susanta, Agus; Maulidiya, D. (2017). Efektifitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 122–126.
Subana. (2005). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Subchan, Winarni, Mufid, M. S., Fahim, K., & dan Syaifudin, W. H. (2018). Buku Guru Matematika untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Triwibowo, T., Pujiastuti, E., & Suparsih, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Daya Juang Siswa Melalui Strategi Trajectory Learning. Jurusan Matemaika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang, 1, 347–353. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19615
Widyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.10297
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF - 50 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
--------------------------------------------------------------------------------
JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Publisher Address:
HKI & Publikasi IKIP Siliwangi
Building D - First Floor - Room D-12
Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi
jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id
JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.
p-ISSN: 2614-221X e-ISSN: 2614-2155
JPMI has been indexed at: