ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TEORI NOLTING
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17316Keywords:
Creative Thinking Process, Fractional Number, Wallas TheoryAbstract
References
Acharya, B. R. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Bariyyah, K., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pada siswa kelas ix smp di kota cimahi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 403–414. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3816
Daud, M. Y., & Ayub, A. S. (2019). Student error analysis in learning algebraic expression: a study in secondary school putrajaya. Creative Education, 10(12), 2615–2630. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012189
Fathiyah, I. (2020). Analisis kualitatif kesalahan pengerjaan soal matematika tipe hots berdasarkan teori nolting pada siswa SMP [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan teori kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1813–1820. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/11203
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa SMP. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107–123. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2), 195–204. http://dx.doi.org/10.33387/jpgm.v1i2.3150
Nolting, P. D. (2012). Math study skills sourcebook: your guide to reducing text anxiety and improving study strategies (4th ed.). Cengage Learning.
Rengkung, A. L., Pesik, A., & Pitoy, C. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bentuk aljabar. Adiba: Journal of Education, 2(2), 273–281. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/108
San Pedro, M. O. Z., D’Baker, R. S. J., Rodrigo, M., & Mercedes, T. (2014). Carelessness and affect in an intelligent tutoring system for mathematics. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 24(2), 189–210. https://doi.org/10.1007/s40593-014-0015-y
Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ error analysis in solving contextual problem of flat-sided geometry based on nolting’s theory depends on gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84–92. http://jelmar.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jelmar/article/view/77
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi segiempat berdasarkan teori nolting. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 423–432. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3831
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651