Studi analisis kesulitan siswa kelas VIII SMP madani dalam mengerjakan soal statistika ditinjau berdasarkan gender
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17568Keywords:
Difficulty, Statistics, GenderAbstract
References
Agina, S., Nurmaenah, N. C., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesukaran siswa smp kelas vlll dalam mengerjakan soal pada materi statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 633–640. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.633-640
Alawiyah, H., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami materi invertebrata di kelas x man 2 pontianak. Jurnal Bioeducation, 3(2), 9–20. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/article/view/182
Amalia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa smp kelas viii pada pokok bahasan statistika. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 57–64. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/2644
Arifin, U., Purwasih, R., & Santana, F. D. T. (2020). Transfer iptek mathematic realistic worksheet berbasis ict kepada guru-guru sdit dalam rangka meningkatkan keterampilan matematis pada konsep geometris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 380–387. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm/article/view/3548
Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok bangun ruang sisi datar. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa smp berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71–78. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan matematik siswa smp pada materi statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/148
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp pada materi lingkaran dan bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371–378. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/403
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Juliana, H. S., & Hidayat, W. (2021). Analisis kesalahan siswa mts kelas viii di bandung barat pada materi statistika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1357–1364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1357-1364
Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematik pada materi bangun ruang sisi datar dengan analisis kesalahan newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493–504. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/608
Mahdayani, R. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika, aljabar, statistika, dan geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/39
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). penerapan pendekatan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii mts pada materi perbandingan dan skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122
Mubeen, S., Saeed, S., & Arif, M. H. (2013). Attitude towards mathematics and academic achievement in mathematics among secondary level boys and girls. Journal of Humanities and Social Science, 6(4), 38–41.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_13
Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15–31. http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/15067
Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa kelas x smk bina insan bangsa pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497–502. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/103
Permana, N. N. S. I., & Nurjaman, A. (2021). Analisis penyelesaian soal bangun ruang sisi datar dinilai dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 931–940. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7422
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran ipa abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Thirafi, G. (2016). Analisis tingkat literasi statistik pada siswa kelas ix mts. In Al-aziziyah Putra Gunung Sari tahun pelajaran (Vol. 2017).
Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan belajar matematika berkaitan dengan konsep pada topik aljabar: studi kasus pada siswa kelas vii sekolah abc lampung [Difficulties in Learning Mathematics Concepts in Algebra: A C Study of Grade VII Students in ABC School Lampung]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53–64. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/453.