Karakteristik kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII di MTs az-zahra parongpong berdasarkan gender

Authors

  • Yuyun Damayanti IKIP Siliwangi
  • Ika Wahyu Anita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18750

Keywords:

Understanding of mathematical concepts, System of two-variable linear equations (SPLDV), Mathematic

Abstract

The purpose of this study was to identify and analyze the characteristics of students' ability to understand mathematical concepts in grade VIII. Descriptive qualitative research was used in this study. With regard to the subject of eighth grade students, MTs. Az-Zahra Parongpong has a total of 33 students, with 18 female students and 15 male students. The technique in collecting data is with 3 questions in the form of descriptions, each of which represents an indicator of mathematical concept understanding ability. The data processing technique is to analyze the ability to understand the mathematical concepts of the system of linear equations of two variables in terms of gender on each indicator. Based on the results of the analysis, the average score of male students is 40.3% and female students is 53.5% on the material of the system of linear equations of two variables. So with that difference, it can be said that the mathematical communication skills of female students are higher than male students.

References

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Astuti, P., & Krisnawati. (2023). Kesulitan siswa smp kelas VIII dalam memahami konsep matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 506–513. https://doi.org/https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.865

Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMK menggunakan pendekatan kontekstual pada materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari kemampuan matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501–509. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787

Indah, N., & Hidayati, N. (2021). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.981

Irwanto, A., Jufri, L. H., & Yunita, A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 321–330. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4343

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal materi SPLDV pada siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2814

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA berdasarkan gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Mappapoleonro, A. M. (2020). Implementasi gender dalam pengasuhan pembelajaran di PAUD Permata Karunia usia 4 - 6 tahun. Yasmin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–32. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/yasmin/article/view/3219

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurzaman, W., Fitriani, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2022). Penerapan Pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 693–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.693-702

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 02(01), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2733

Putra, H. D., Putri, A., Lathifah, A. N., & Mustika, C. Z. (2018). Kemampuan mengidentifikasi kecukupan data pada masalah matematika dan self-efficacy siswa MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 48. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.862

Rachmantika, R. A., & Wardono. (2019). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Unaenah, E., Nurfaizah, A., Safitri, D., Rahmawati, N., Siti, R., Fatimah, N., Adinda, A. P., & Tangerang, U. M. (2020). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan sederhana melalui media Cd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2009), 303–318. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles