Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah

Authors

  • Nuryami Nuryami STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Kurnia Dwi Apriosa STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20628

Keywords:

Etnomathematics, Batik Probolinggo, Learning Resources

Abstract

Budaya merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Secara alamiah konsep matematika menjadi bagian dari budaya masyarakat tertentu. Matematika budaya ini disebut etnomatematika. Penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran diharapkan mampu memberikan kontribusi pengembangan pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran dan mengeksplorasi batik probolinggo yang memuat konsep-konsep matematika serta bagaimana penggunaannya dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif etnografi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menganalisis data, dan memaparkan hasil analisis. Hasil yang diperoleh yaitu konsep-konsep matematika yang ditemukan dalam batik khas Probolinggo seperti belah ketupat, persegi panjang, titik, sudut, garis sejajar, prisma, lingkaran, segitiga, konsep translasi, refleksi dan rotasi. Konsep-konsep matematika yang ditemukan pada batik Probolinggo tersebut selain dapat memotivasi dalam proses pembelajaran juga dapat digunakan sebagai sumber rujukan.

References

Anawati, S., & Isnaningrum, I. (n.d.). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui media pembelajaran manipulatif konsep bangun ruang.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. for the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

D’Ambrosio, U. (1999). Literacy, matheracy, and technoracy: A trivium for today. Mathematical Thinking and Learning, 1(2), 131–153.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. Jurnal Prisma 1, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Fujiati, & Mastur, Z. (2014). Keefektifan model pogil berbantuan alat peraga berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).

Jannah, N., Fitria, L., Timur, J., & Kultur, I. (2021). Filosofi ragam corak batik pandalungan sebagai identitas kultural Kota Probolinggo. Jurnal Paris Langkis, 1, 13–22.

Kholila, & Khoiri, Miftahul. (2018). Etnomatematika pada batik khas kota pasuruan 1. Konvergensi Sains Dan Humaniora 1, 388–398.

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada alat musik gordang sambilan. Edumatika, 1(November), 1–10.

Mujib, A. (2017). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa menggunakan CRI pada mata kuliah kalkulus II. Jurnal Mosharafa, 6(2), 181–192.

Novitasari, I. (2016). Pengembangan desain motif di usaha batik “ MANGGUR ” Probolinggo. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04, 309–316.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Eksplorasi etnomatematika petani dalam lingkup masyarakat jawa. Senatik.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR,” IV(1), 21–31.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1–8.

Saputri, L. (2019). Pengaruh budaya pandalungan pada bentuk penyajian kesenian can macanan kadduk. Invensi, 4, 167–183.

Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. H. (2016). Eksplorasi etnomatematika pada sero (set net) : Budaya masyarakat kokas fakfak papua barat. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2007), 12–21.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. penguatan peran matematika dan pendidikan matematika untuk indonesia yang lebih baik. Fmipa Uny.

Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.

Wardhana, S. A. (2018, October 2). Mengenal batik pendalungan khas kabupaten probolinggo.

Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri (bangun datar) installing the concept of geometry form (Two-dimentional figure). In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks (Vol. 3).

Yusanto, Y. (2019). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1–13.

Zahro, L. S. (2021). Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman budaya di indonesia.

Downloads

Published

2024-02-12

Issue

Section

Articles