PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 WONOMULYO
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25pKeywords:
Reasoning, Mathematical Proofing, Resource-based learning approachAbstract
References
Aliyah, U. H., Suyitno, H., & Arief, A. (2014). Keefektifan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 10–18. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3888
Budiarto, M. T. (2016). Peran Matematika dan Pembelajarannya dalam Mengembangkan Kearifan Budaya Lokal untuk Mendukung Pendidikan Karakter bangsa. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Pengenalan Sifat Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning dan Karakteristik Tabung dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1).
Butler, M. (2012). Resource-based learning and course design: A brief theoretical overview and practical suggestions. Law Library Journal, 104(2), 218–244. https://readingroom.law.gsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?referer=https://scholar.google.com/&httpsredir=1&article=2208&context=faculty_pub
Ferrini-Mundy, J. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. Journal of Equine Veterinary Science.
Qoyyum, I. M., Jazim, & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Dikombinasikan Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN Membangun Generasi Berpendidikan Dan Religius Menuju Indonesia Berkemajuan, 66–72.
Rismawati, M. (2016). Mengembangkan Peran Matematika Sebagai Alat Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 203–215.
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97 – 107. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317
Sri Ira Suharwati, Sumarmi, I. N. R. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 74–79.
Sri Sumartini, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.
Sutriani, E., Said, I., & Ratman. (2016). Penerapan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Energi Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Kelas IV SD Inpres Cendanapura. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12). https://www.neliti.com/publications/115417/penerapan-pendekatan-resource-based-learning-pada-materi-energi-dan-perubahannya
Tiro, M. A., & Ahmar, A. S. (2014). Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan. Andira Publisher.
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI LIMIT FUNGSI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.