EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI MTS AL-HIKMAH PATI TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10664Keywords:
Critical Thinking Ability, SSCS Learning Model, Comparative MaterialAbstract
References
Asih, F. P. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 9-19. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.9-19
Az-Zumar:21. (2006). Alqur’an dan Terjemahannya. Kudus: Menara Kudus.
Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-2 Smp Negeri 13 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 71-78. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2725
Erin Febri Astuti, N. P., Suweken, G., & Waluyo, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve,Create and Share (Sscs) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viiii Smp Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(2), 84. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19901
Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.161-168
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hatari, N., Widiyatmoko, A., & Artikel, S. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Info Artikel Abstrak. Unnes Science Education Journal, 5(2), 70805795–70850229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kurniawati, D., Ekayanti, A., & Gauss, F. (2020). Hubungan antara Berpikir Kritis dan Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 1–10.
Masrukin. (2014). Buku Latihan SPSS Aplikasi Statistik Deskriptif dan Inferensial. STAIN Kudus.
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388
Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1627/1380
Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 183. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6345
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sari, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22–33.
Surya, yarifah H. H. dan E. (2016). Analysis of Critical Thinking Skills Class X SMK Patronage State North Sumatra Province Academic Year. Jurnal Saung Guru, 8(2).
Yudha, O. A., Rosmaiyadi, R., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1852