ANALISIS KEMAMPUAN LIERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA JENIS PISA KELAS IX SMP NEGERI 1 SAGULING
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.14215Keywords:
Ability, Mathematical Literacy, PISAAbstract
References
Ariyanti, E., Fadly, W., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Analisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Education for Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.133
Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). No Title. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3 No. 2, 127–131. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035
Faiqotul Ulya, S. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2 (2), 589–596. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaaâ€. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Fatmawati, D. R., Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 253–259. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/31790
Khairunnisa, & Hasanah, R. U. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 5(5), 1397–1340. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1397-1410
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
McComas, W. F. (2014). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Meidya, M. Y. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-1 Menteng. JPN: Jurnal Pendidikan, 2(3),1–61. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093
Saputro, R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelompok kecil dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 2011, 1–16.
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083
Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. Prodi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 5–10. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197203211999031-ASEP_SURYANA/Copy_%285%29_of_LANGKAH_PENELITIAN_KUALITATIF.pdf
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). No Title. BETA: Jurnal Tadris Matematika, 10 No. 2, 222–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2019). Pentingnya Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas XII IPA 3. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hasanudin, W. S., Taufina, Chandra, & Anita, Y. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-183.