KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR SEGIEMPAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10645Keywords:
Ability, Critical Thinking, QuadrilateralAbstract
References
Aminudin, M., & Basir, M. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 369. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5841
Andriani, D., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Di Kota Cimahi Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 207. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p207-218
Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran matematis siswa pada materi fungsi komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematik, 2018, 1248–1256.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arista Suriati, Chandra Sundaygara, M. K. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas x sma islam kepanjen. 3(3), 176–185.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 22. Peraturan Menteri Nomor 22, 3(1), 1–35.
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.
Ennis. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 5(1), 1–30. https://www.researchgate.net/profile/Peter_Facione/publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts/links/5849b49608aed5252bcbe531/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts.pdf
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.
Hakim, D. L. (2014). Me - 19 Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using. May, 18–20.
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476
Kurniasih, R. (2020). Penerapan Model Learning Cycle 7E Dengan Mobile Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Visual. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911, diakses Kamis ‎4 Maret ‎‎2021 pukul â€â€Ž16:52:02 WIB
Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segiempat. 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI FUNGSI Delia. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Razak, F. (2017). HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP PESANTREN IMMIM PUTRI MINASATENE. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 71–87.
Risah, Yayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 344–356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316
Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 17. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.228
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.