ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p79-92Keywords:
reflective thinking ability, mathematical dispositionAbstract
References
Akyuninah, U. D. (2017). Pengaruh Strategi Heuristic Vee Terhadap Kemampuan Disposisi Matematis Pada Materi Segiempat Kelas VII Mts. Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2016/2017. Inspiramatika, 3(1).
Hendriana, Heris. Rohaeti, Euis Eti. Sumarmo, Utari. (2017). “Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswaâ€. Bandung: PT Refika Aditama.
Hepsi, N. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Dan Instrumen Untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Matematika Dan Pedidikan Karakter Dalam Pembelajaran.
Marlina, L., &Danica, C. (2009). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio, Dan Return On Assets Terhadap Divident Payout Ratio.
N, Sri Hastuti. (2008). Problem-Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Nindiasari, Hepsi. (2013). “Meningkatkan Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Dengan Menggunakan Pendekatan Metakognitifâ€. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Nurismawati, Riane. (2017). “Pengaruh Pembelajaran dengan Metode IMPROVE terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMPâ€. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Sabandar, J. (2013). Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia Di Website: Http://File. Upi.Edu/Direktori/Fpmipa/Jur._Pend. _Matematika/194705241981031-Jozua_Sabandar/Kumpulan_Makalah_Dan_Jurnal/Berpikir_Reflektif2.Pdf.(Diakses Tanggal 08 Oktober 2017).
Shodikin, A. (2015). Strategi Abduktif-Deduktif pada Pembelajaran Matematika dalam Peningkatan Disposisi Siswa. Jurnal Madrasah, 7(2), 181-202.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI.