LEARNING OBSTACLE: SISWA MTs KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF HOTS
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17566Kata Kunci:
Arithmetic Sequences, Learning Obstacle, High-Order Thinking Skills (HOTS)Abstrak
This study aims to further examine learning obstacles: MTs.class VIII students in solving arithmetic sequence and series material problems based on the cognitive level of HOTS (High-Order Thinking Skills) with the aim of analyzing and describing the location of errors experienced by students in completing material problems in the Rows and Arithmetic Series material. In this study, the method used was descriptive qualitative. The subjects in this study were MTs. class VIII students in Cikembang, Bandung Regency for the 2021-2022 academic year. The data collection technique was carried out by providing 5 questions of the description test with the criteria of the HOTS cognitive level. Based on the results of the analysis, it is stated that there are some difficulties for students when solving arithmetic rows and series questions on the indicator of question number 2 is relatively high, namely the indicator Making patterns and nth tribes of an arithmetic series with an error percentage of 85%. Furthermore, question number 4 shows the indicator Solving contextual problems related to the nth term of the arithmetic sequence with an error percentage of 75%.Referensi
Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Anisa, R., & Kartini. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
Asdar, Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022
Diana, Fitirani, N., & Amelia, R. (2021). Sistem persamaan linear dua variabel : ditinjau dari analisis kesalahan siswa MTs. 4(4), 985–992. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.985-992
Irsandi, E. O. (2019). Desain didaktis pembelajaran matematika pada konsep pola bilangan, barisan dan deret aritmatika di sekolah menengah kejuruan [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. In Repository.Uinjkt.Ac.Id (Issue 1113017000027). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45161
Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/855
Lestari, W., & Nirmala, N. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal segitiga dan segi empat berdasar pada taksonomi bloom ranah kognitif. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universtas Indraprasta, 80, 65–72. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4721/716
Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, Dita, I., Priska, Apriani, M., & Mujib, A. (2020). Paradigma penelitian pendidikan: studi kasus mahasiswa pendidikan matematika di universitas muslim nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 2(1), 46–54. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/425
Muhammad, M. I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learing dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 06 Medan [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/239/Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik siswa Smk kelas X materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(2), 567–574. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika (JP3M), 4(3), 62–68. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.455-463
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: eksplorasi candi borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438