LEARNING OBSTACLE: SISWA MTs KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF HOTS
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17566Kata Kunci:
Arithmetic Sequences, Learning Obstacle, High-Order Thinking Skills (HOTS)Abstrak
Referensi
Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Anisa, R., & Kartini. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
Asdar, Arwadi, F., & Rismayanti. (2021). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022
Diana, Fitirani, N., & Amelia, R. (2021). Sistem persamaan linear dua variabel : ditinjau dari analisis kesalahan siswa MTs. 4(4), 985–992. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.985-992
Irsandi, E. O. (2019). Desain didaktis pembelajaran matematika pada konsep pola bilangan, barisan dan deret aritmatika di sekolah menengah kejuruan [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. In Repository.Uinjkt.Ac.Id (Issue 1113017000027). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45161
Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/855
Lestari, W., & Nirmala, N. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal segitiga dan segi empat berdasar pada taksonomi bloom ranah kognitif. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universtas Indraprasta, 80, 65–72. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4721/716
Mihendra, N., Andriyani, F., Mardiah, Dita, I., Priska, Apriani, M., & Mujib, A. (2020). Paradigma penelitian pendidikan: studi kasus mahasiswa pendidikan matematika di universitas muslim nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun 2015-2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 2(1), 46–54. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/425
Muhammad, M. I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learing dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMK Muhammadiyah 06 Medan [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/239/Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik siswa Smk kelas X materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(2), 567–574. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika (JP3M), 4(3), 62–68. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.455-463
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: eksplorasi candi borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438