Profil kemampuan berpikir komputasi siswa SMP pada soal tantangan bebras
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21590Kata Kunci:
Computational thinking, Bebras ChallengeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor kemampuan berpikir komputasi siswa SMP melalui pemberian soal Bebras Task. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu 26 siswa SMP Al Huda Turalak kelas VIII. Data diambil menggunakan instrumen tes Bebras Task, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa secara umum baru mencapai 43%, dengan kemampuan pada setiap indikator yaitu decomposition sebesar 53%, pattern recognition sebesar 62%, abstraction sebesar 23%, dan algorithm sebesar 36%. Sehingga disarankan agar guru perlu melakukan upaya khusus untuk lebih mengoptimalkan kemampuan abstraction dan algorithm.
Referensi
Ahsan, M. G. K., Cahyono, A. N., & Prabowo, A. (2019). Desain web-apps-based student worksheet dengan pendekatan computational thinking pada pembelajaran matematika di Masa Pandemi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 344–352. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Azwar, S. (2020). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Budiansyah, A. (2020). Nadiem usung computational thinking jadi kurikulum, apa itu? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200218151009-37-138726/nadiem-usung-computational-thinking-jadi-kurikulum-apa-itu
Fajri, M., Yurniawati, & Utomo, E. (2019). Computational thinking, mathematical thinking berorientasi gaya kognitif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–18.
Kallia, M., van Borkulo, S. P., Drijvers, P., Barendsen, E., & Tolboom, J. (2021). Characterising computational thinking in mathematics education: a literature-informed delphi study. Research in Mathematics Education, 23(2), 159–187. https://doi.org/10.1080/14794802.2020.1852104
Kamil, R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis siswa kelas IX SMP negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8447
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan computational thinking untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada materi usaha dan energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/38623
Marifah, R. A., & Kartono, K. (2023). Kemampuan berpikir komputasi siswa SMP ditinjau dari self-efficacy pada model pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 480–489.
Natali, V. (2022). PPG prajabatan 2022: mata kuliah pilihan computational thinking (1st ed.). Direktorat Pendidikan Profesi Guru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Ni’am, M. K., Lia, L., Salsabila, N. A., Fitriyani, N., & Sari, N. H. M. (2022). Pembelajaran matematika berbasis computational thinking di era kurikulum merdeka belajar. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 66–75.
Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., Ristanto, S., & Putri, M. R. (2022). Profil kemampuan berpikir komputasional (computational thinking) siswa SMP negeri se-kota semarang tahun 2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 211–218. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12794
OECD. (2018). PISA 2021 mathematics framework (second draft). http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf
Puspitasari, L., Taukhit, I., & Setyarini, M. (2023). Integrasi computational thinking dalam pembelajaran matematika di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 373–380.
Rosali, D. F., & Suryadi, D. (2021). An analysis of students’ computational thinking skills on the number patterns lesson during the covid-19 pandemic. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2), 217–232. https://doi.org/10.30998/formatif.v11i2.9905
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Supiarmo, M. G., Turmudi, & Elly Susanti. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Hubungan berpikir komputasi dan pemecahan masalah polya pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115–126. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021: era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37991/15997%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Zhang, L. C., & Nouri, J. (2019). A systematic review of learning computational thinking through scratch in k-9. computers and education, 141, 1–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103607
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.