PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VII BERDASARKAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p1-8Kata Kunci:
Mathematics communication skill, cooperative learning think-talk-write (TTW), and gender.Abstrak
Referensi
Chandra. S. R, Fauzan. A, dan Helema. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1) : 35-40.
Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, 1(2), 178-185.
Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo. U, Hidayat. W, Zukarnaen. R, Hamidah, Sariningsih. R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA. 17 (1) : 17-33.