Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbantuan teknologi interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII

Penulis

  • Anjani Putri Lestari IKIP Siliwangi
  • Nelly Fitriani IKIP Siliwangi
  • Martin Bernard IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i1.24668

Kata Kunci:

Interactive Technology, Mathematical Problem Solving Skills, Realistic Mathematics Education

Abstrak

The purpose of this study was to determine whether the improvement in mathematical problem-solving abilities of eighth-grade students whose learning implemented the Realistic Mathematics Education (RME) approach assisted by interactive technology was better than students with regular learning. The research method used was a quantitative method using a quasi-experimental research type with a Pretest Posttest Nonequivalent Control Group design. The population of this study was all eighth-grade students of SMP Negeri 4 Cimahi with a research sample of students in class VIII H as the experimental class and class VIII K as the control class. The research instrument used a problem-solving ability test. The test result data were analyzed using the Mann Whitney test. The study showed that the mathematical problem-solving abilities of students whose learning implemented the RME approach assisted by interactive technology were better than students who used regular learning.

Referensi

Amalia, L., & Sulistyorini, Y. (2022). Pendidikan matematika realistik sebagai pendekatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(2), 100–109. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Euclid/article/view/8481

Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat project-based learning berbantuan ICT : optimalisasi kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematis siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah model polya materi getaran, gelombang, dan bunyi siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fitriani, N. (2016). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351. https://doi.org/10.1016/s0749-0712(21)01176-8

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live worksheet realistic mathematics education berbantuan geogebra: meningkatkan abstraksi matematis siswa SMP pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37–50. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526

Ionita, F. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245–251. https://www.academia.edu/download/83389830/pdf

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional LPM UNY, 1–10. https://mgmpmatsatapmalang.wordpress.com/

Musabik, I., Dian, J., Iffah, N., & Alamsyah, A. N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan media kotak aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah operasi hitung aljabar siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v9i2.1375

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–94. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model realistic mathematic education dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Setiawan, W. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dengan menggunakan model penemuan terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91–97. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman pemecahan masalah berdasar gaya kognitif. Deepublish.

Suwasono, P., & Puspitasari, E. (2017). Pengaruh problem based learning berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan tahun 2016 / 2017 pada materi fluida statis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1), 8–10. https://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf

Diterbitkan

2025-01-31

Terbitan

Bagian

Articles