MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p575-582Keywords:
Mathematical Communication, CTL ApproachAbstract
References
Anggraeni, D., Sumarmo, U. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMK melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Infinity, 2(1), 1–12. Retrieved from stkipsiliwangi.ac.id
Hendriana, H., Rohaeti, E. E. dan Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1).
Hendriana, H. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Methaphorical Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Pertama. Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: tidak dipublikasikan
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. dalam Jurnal Delta-fi, 2(1).
Kusdinar, U., Sukestiyarno, S., Isnarto, I., & Istiandaru, A. (2017). Krulik And Rudnik Model Heuristic Strategy In Mathematics Problem Solving. International Journal On Emerging Mathematics Education, 1(2), 205–210.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177-182.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: PT Tarsito.
Safitri, J. (2017). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. In Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP Kelas VII dalam menyelesaikan Soal Himpunan (p. 1263). Bandung: STKIP Siliwangi Bandung. Retrieved from stkipsiliwangi.ac.id
Zakiah, L., Saomi, A. S. N., Syara, R., Hidayat, W., & Hendriana, H. (2018). THE EFFICIENCY OF USING EDUCATION VIDEOS ON THE LINEAR PROGRAM MATERIAL AS OBSERVED IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS’MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY. Journal Of Educational Experts (JEE), 1(1), 11-18.
Zanthy, L. S. (2014). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. In Nilai Edukasi dan Modifikasi Penerapan Pembelajaran Peluang pada Permainan Teka-Teki Sudoku di Sekolah (p. 108). Bandung: STKIP Siliwangi Bandung. Retrieved from stkipsiliwangi.ac.id