ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25pKeywords:
Difficulty Analysis, two variable linear equation systemAbstract
References
Arifin, U., Purwasih, R., & Santana, F. D. T. (2020). Transfer Iptek Mathematic Realistic Worksheet Berbasis ICT Kepada Guru-Guru SDIT dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Matematis pada Konsep Geometris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 380–387.
Fitriani, N, & Nurfauziah, P. (2019). Gender and Mathematical Abstraction on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12052.
Fitriani, Nelly. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Euclid, 2(2).
Fitriani, Nelly, Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The Students’Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With VBA-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123–132.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Helmiati, H., Sopamena, P., & Lasaiba, I. (2013). Hubungan Strategi Think Pair Share Terhadap Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Pada Materi Spldv Kelas Viii Smp Al Hijrah Ambon. Matematika Dan Pembelajaran, 1(1), 17–31.
Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(29), 182–190.
Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 259–272.
Manalu, A. C. S., & Afrilianto, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 9 Bandung pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan menggunakan Pendekatan Konstektual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 363–370.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131.
Nurdwiandari, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dan Kemampuan Diri Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1005–1014.
Rindyana, B. S. B. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Universitas Negeri Malang.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas v Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32.
Zahra, S. J. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 87–94.