Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613Keywords:
lkpd, liveworksheets, kemampuan pemahamanAbstract
Permasalahan yang ada dilapangan sebagian guru hanya melakukan pembelajaran dengan metode ceramah saja tanpa adanya bahan ajar berupa LKPD pembelajaran praktik hanya sesekali digunakan khususnya pembelajaran IPA hanya di contohkan saja dan tidak ada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. LKPD yang digunakan  masih berupa buku atau modul. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk LKPD interaktif  yang valid dan praktis menggunakan berbantuan liveworksheests untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development (Rnd) dengan model Borg and gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket validasi digunakan kepada 3 ahli, yakni ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Angket validasi yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang akan dikembangkan serta soal tes berupa pretest dan postest. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh rata rata dalam ahli media sebesar 95 % sedangkan ahli materi 97% dan ahli praktisi 100% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa pada saat uji terbatas memperoleh hasil 85% dan uji luas 87% dengan kategori sangat tertarik dan untuk soal tes memperoleh nilai Ngain sebesar 0,67 dengan interpretasi sedang.
Â
References
Ain, Qurrotul, and Mitarlis Mitarlis. 2020. “Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi.†UNESA Journal of Chemical Education 9(3): 397–406.
Andriana, Encep et al. 2020. “ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITIES IN SCIENCE LEARNING USING INQUIRY MODEL BASED ON LOCAL WISDOM.†JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6(1): 92–99.
Asmaryadi, Ahmad Ilham, Yulia Darniyanti, and Nikmatun Nur. 2021. “Jurnal Basicedu.†Jurnal basicedu 5(4): 2541–49.
Az Zahra, Fatimah, and Erianjoni Erianjoni. 2022. “Pengembangan LKPD Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Suliki.†Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 1(1): 84–92.
Fauzi, Asri, Aisa Nikmah Rahmatih, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. 2021. “View of Penggunaan Situs Liveworksheets Untuk Mengembangkan LKPD Interaktif Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pengabdian Masyaraka 2(3).
Hendawati, Yuyu, and Cici Kurniati. 2017. “Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya.†Metodik Didaktik 13(1): 15–25.
Indriani, Sevin et al. 2022. “Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat Dan Segitiga.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1): 3959–66.
Kelana, J. B., Robandi, B., and A Widodo. 2022. “Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School?†International Journal of Elementary Education 6(2).
Kumala, Farida Nur. 2016. “Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.†In ed. Farida Nur Kumala. Malang: Ediide Infografika.
Maghfiroh, Resti Duriyatul, Achmad Fanani, and Wahyu Susiloningsih. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran ‘3D Glasses’ Pada Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Di Sekolah Dasar.†(April): 241–48.
Marliyah, Siti. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR.†JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 7(2): 169–169.
Mukholifah, Madinatul, Urip Tisngati, and Vit Ardhyantama. 2020. “Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik.†Jurnal Inovasi Penelitian 1(4): 673–82.
Munir, Nilam Permatasari. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E-Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo.†Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 6(2): 167–78.
Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. INOVASI MODEL. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurhaida, Nurhaida. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 05 KABAWETAN.†Jurnal PGSD 9(3): 301–7.
Pawestri, Elok, and Heri Maria Zulfiati. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran.†TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6(3).
Pertiwi, Dyah Ayu Bekti, Eny Enawaty, and Husna Amalya Melati. 2017. “PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 SANGGAU.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2(6).
Rahayu, Wanti, Ari Irawan, and Rahnita Nuzulah. 2022. “Android-Based Mathematics Learning Application with Elements of Etnomathematic Sundanese Traditional Games.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 6(1): 39.
Retno, Ponco Dewi, Mei Fita Asri Untari, and Ulin Nafiah. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N 6 Getas Menggunakan LKPD Online Dengan Aplikasi Liveworksheet.Com Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang.†Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar 11(1): 45–55.
Rohmaini, Luthvia et al. 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall.†Teorema: Teori dan Riset Matematika 5(2): 176.
Rosa, Dwiki Meila et al. 2022. “PENGEMBANGAN E-LKPD LARUTAN ASAM BASA BERBASIS INKUIRI Development of Guided Inquiry Based E-LKPD on Acid-Base Topic to Increase Students Learning Motivation.†8119.
Suparlan. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.†Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 1(2): 79–88.
Syafa’ati, Annisa Aulia. 2017. 110265 “PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN.†UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Umaroh, Umi, and Sri Sulistyorini. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa.†Joyful Learning Journal 6(2): 116–22.
Wardani, D. S., & Kelana, J. B., and Z. M. M. Jojo. 2021. “Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-Based Natural Science Online Learning.†Profesi Pendidikan Dasar 8(2): 98-108.
Widiyani, Afifah, and Puri Pramudiani. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet Pada Materi PPKn.†DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5(1): 132.
Winarto, Lutfianingsih, and Dwi Hesty Kristyaningrum. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V.†6(1): 101–12.
Yulia, Irma, Connie Connie, and Eko Risdianto. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya Di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu.†Jurnal Kumparan Fisika 1(3): 64–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).