Penerapan model discovery learning berbatuan edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VII di SMPN 3 Cikalongwetan
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.24752Kata Kunci:
Mathematical Understanding, Discovery Learning, EdpuzzleAbstrak
The purpose of this study is to examine the application of the discovery learning model assisted by edpuzzle on the mathematical understanding ability of class VII students in terms of achievement, improvement, and completeness of learning objectives. The method used is a quasi-experimental method with two classes as samples, namely the experimental class and the control class. The technique used to collect data is the mathematical understanding ability question instrument. Data processing is analyzed using the Microsoft Excel application and SPSS 22 software. The results of the study explain that the achievement, improvement and completeness of the achievement of learning objectives for mathematical understanding abilities of class VII junior high school students with the discovery learning model assisted by edpuzzle are better than those using conventional learning.
Referensi
Afifah, N., Syafitri, A., & Atariq, D. (2024). Desain pembelajaran assure pada pembelajaran matematika di kelas rendah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 28–44. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita pada materi FPB dan KPK. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5638
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Anggraini, Y. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171
Anis, Y. W. (2017). Peningkatan kemandirian belajar IPS menggunakan model discovery learning di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3, 15–24. http://dx.doi.org/10.29210/12017293
Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi pada materi fungi. Binomial, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843
Anwar, C. (2023). Merancang pembelajaran dengan model discovery learning perbantuan eddpuzzle dalam optimalisasi berpikir kritis siswa SD. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 384–393. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.386
Buyun, F., & Setiawan, W. (2024). Penerapan pembelajaran " two stay-two stray " dengan pendekatan kontekstual terhadap. 7(1), 239–246. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.18635
Dewi, Y. O. K., & Nuvitalia, D. (2024). Penerapan media papan tempel untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V SDN Pandeanlamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 8(2), 19306–19315. https://doi.org/10.31004/ jptam.v8i2.15233
Fitria, Y. (2018). Perubahan belajar sains siswa sekolah dasar pada pembelajaran terintegrasi (terpadu) melalui model discovery learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705
Harmaen, D., Dahlan, T., Rohimah, S. M., & Nurqodariyah, G. U. (2024). Penggunaan model problem based learning ( PBL ) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. 14(1), 300–306. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/745149
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis terhadap hasil belajar matematika. 5(1), 42–57. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/ index.php/jurnalmathema/article/view/2552
Istikhomah, N. N., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2024). Pengaruh strategi team quiz terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Sembungharjo 02 Semarang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 122–127. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16793
Kandaga, T. (2024). Pemahaman konsep matematika siswa mts dalam model discovery learning berbantuan aplikasi quizizz. Jurnal riset hots pendidikan matematika, 4(1), 57–67. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1221
Kusuma, T. S. W., & Mustari, M. (2023). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319
Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Cendikia pendidikan konsep model pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644 /scp.v1i1.332
Mardhiyana, D., Setyarum, A., & Fitri, A. (2022). Penggunaan video interaktif edpuzzle dalam pembelajaran matematika dan bahasa pada era merdeka belajar di SMP Al Fusha Kedungwuni. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1671–1679. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/6139
Marpaung, N., Simanungkalit, R. H., & Simarmata, G. (2024). Perbedaan model pembelajaran problem based learning dan model konvensional terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi vektor. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia 2(1), 15–19. https://jurnal.migascentral.com/index.php/p3ji/article/view/192
Mawardi. (2018). Merancang model dan media pembelajaran. Jurnal Penididkan dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Nengsih, R., Hikmah, R., & Astuti, L. S. (2023). Pelatihan penggunaan edpuzzle dalam pembelajaran di kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 381–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12528
Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP ditinjau dari minat belajar. 6(3), 2735–2748. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1583
Permana, I. B. M. Y. (2024). Penerapan model problem based learning ( PBL ) berbantuan aplikasi edpuzzle untuk meningkatkan motivasi siswa pada mapel ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Prospek 3, 346–352.
Putra, E. D., Lutfiyah, & Anggraini, S. R. (2021). Analisis kesulitan dan pemberian scaffolding dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 589–602. https://doi.org/10.36526/tr.v5i2.1462
Rachman, A., Oktoviandry, R., Putri, D. S., Ningsih, A. G., Ulya, R. H., Indriyani, V., Sari, H. Y., Domi, M., Henanggil, F., Juita, N., Digital, L., & Pembelajaran, M. (2023). Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi edpuzzle bagi guru SMPN 4 Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(5), 10928–10933. https://doi.org/ 10.31004/cdj.v4i5.21854
Raharjo, D., & Muljani, S. (2022). Pembelajaran berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir siswa dengan metode pembelajaran berbasis masalah di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 9300(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.170
Rahmananda, T., Haryadi, R., & Darma, Y. (2024). Kemampuan pemahaman matematis melalui inovasi video pembelajaran berbasis model problem based learning. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 90–102. https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3154
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan mediavideo terhadap hasil belajar siswa Aprilia Rahmayani. Jurnal Pendidikan. 04, 59–62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59
Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa ma melalui contextual teaching and learning. P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 85. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052
Salachima, V., Siswandari, & Jaryanto. (2022). Pengaruh penerapan model flipped classroom berbantuan media edpuzzle terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK X. Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Sugestiana, Yani, N. F., & Nuriadin, I. (2022). Mendesain pembelajaran dengan model discovery learning perbantuan eddpuzzle dalam optimalisasi berpikir kritis matematis siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 98–106. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3245
Sugiati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui metode pembelajaran air berbantuan edpuzzle SMP Negeri 3 Banguntapan. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(2), 111–120. https://doi.org/10.51878/science.v3i2.2321
Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas penggunaan edpuzzle dalam meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php /semnaskat/article/view/8074/4835
Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574
Ummiah, S., & Fuadiyah, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7527–7542. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13532
Wardani, Y. (2024). Peningkatan keterlibatan dan prestasi belajar matematika melalui discovery learning bagi siswa MTs Negeri 8 Kebumen. Diksi: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 3(1), 61–84. https://doi.org/10.62719/diksi.v3i1.71
Wiadnyana, I. G. A. G., Erawati, N. K., Kezia, F., & Apriliani, K. (2022). Pembelajaran menyenangkan dengan edpuzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.6635412
Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran matematika menyenangkan di SD melalui permainan. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316
Yuvita, K. (2021). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V . Global Edu, 4(1), 5–6. http://globaledu.web.id/journal/index.php/GE/article/view/64.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.