Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Menggunakan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10495Keywords:
keterampilan membaca permulaan, contextual teaching and learning, kartu kataAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model dan media pembelajaran untuk meningkatkan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran berani membaca asal siswa kelas 1 SD dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Kelas I di salah satu sekolah dasar di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang mengumpulkan 15 siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.Adapun instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran berani memulai menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan kartu kata. Dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat mengunci penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan berbantuan kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas 1 sekolah dasar. Selain itu, siswa belajar lebih bermakna, membuat siswa belajar untuk menemukan sendiri berdasarkan hasil pengalaman belajarnya, aktif serta bersemangat.
References
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12.
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221.
https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Azka, N., Mintarsih, A., & Ruqoyyah, S. (2018). Contextual Teaching and Learning Approach to Improve Activities and Student Learning Results in Math Learning of Angle Material In 4th Grade At Sdn 104 Langensari-Senanggalih Kecamatan Coblong Bandung City. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(4), 154–167.
Darmajari, Heriawan, & Senjaya. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Kamilah, A., Mugara, R., & Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Daring Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 4(1), 218–226.
Midah, M., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik Untuk Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 257–265.
Mufiidah, D. W., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. (2019). Pembelajaran Berbantuan ICT dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. The Mathematical Gazette, 5(393), 1–12. https://doi.org/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/18278
Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52–59. https://doi.org/http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/8/8
Pratiwi, P. I., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2014b). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD No. 6 Dalung. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4127
Purwanto, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Media Didaktika, 5(1), 77–86. https://doi.org/http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1807
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260
Roswan, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Keseimbangan Ekosistem Melalui Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Manggeng. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 333–402. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2312
Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68.
Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MA melalui Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 85–99. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p85-99.1052
Samriani. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2), 56–74.
Suartini, I. A. K., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/2280/1975.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling, 3(1), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual di Propinsi Riau. Jurnal Matematika Dan Pembelajaraan, 6(1), 104–118. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Aris Al Gimdi, Hana Sakura Putu Arga, Uus Kuswendi, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Phair Check Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Toleransi Pada Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Lilis Rosmiati, Iis Ristiani, Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MTs , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah, Neneng Kurnia Sandi, Rima Rahmawati Permana, Sulastri Nurmaya, Ryan Dwi Puspita, Analisis Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Fattya Rosyada, Nurul Ikhsan Karimah, Analysis of Students' Misconceptions On The Characteristics of Flat Shapes Using Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test in Grade V Elementary School , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Hilhami Eka Dewi, Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (Task-Based Language Teaching) Studi Kasus Guru Bahasa Inggris SMP , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Hurul Ain, Ade Siti Haryanti, Ridhowati, The Influence of Audio-Visual Advertising Media on the Ability to Write Persuasive Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 9 East Jakarta , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Evie Rahmawati, Latifah Latifah, Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
You may also start an advanced similarity search for this article.