Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22524Keywords:
learning motivation, learning outcomes, problem-based learning modelAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik model problem based learning (PBL) pada pembelajaran matemsatika materi Bilangan Bulat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 32 orang. Hasil nilai pengetahuan, angket dan lembar observasi sebagai instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian dilakukan sejumlah dua siklus, setiap siklus untuk satu kali pertemuan, setiap siklus terdapat empat kegiatan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes penilaian pengetahuan, angket dan lembar pengamatan (observasi). Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Peningkatan motivasi setiap siklusnya diperoleh dari data hasil angket yang diukur melalui lima indikator yaitu tekun mengerjakan tugas, minat belajar matematika, senang belajar matematika, berani berpendapat, dan bekerjasama dalam kelompok. Peningkatan hasil setiap siklusnya diperoleh dari data hasil tes penilaian pengetahuan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan-kesimpulan: (1) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat pada tiap siklusnya.; (2) penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi bilangan bulat.
References
Andiyani, A. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Surat Pribadi dengan Metode Drill Menggunakan Teknik “Tumis”(Trik Untuk Mengetik Surat) pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTtomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 DI SMK NEGERI I Indramayu. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 54-62.
Fimala, Y., & Firman, F. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 150–153.
Irsyad, F. M., & Fauzi, S. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tasikmalaya. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 15. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i1.5989
Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34-48.
Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21-33.
Pratiwi, A. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Operasi Penjumlaham dan Pengurangan Bentuk Aljabar Melalui Metode Pembelajaran PBL dengan Bantuan Vedio Pembelajaran di SMP Negeri 2 Tempeh Tahun Ajaran 2021/2022. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 112-117.
Puspasari, A. E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 165-171.
Raikhani, R. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Aljabar (Katbar) Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di MTsN Mulawarman Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkf
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49-55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Medita Ayu Wulandari, Anwar Senen, Duhita Savira Wardani, Siti Ruqoyyah, Transforming Education Through Project-Based Learning (PjBL): Enhancing Students' Learning Outcomes and Critical Thinking , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Maya Hilma Khoirunnisa, Diana Ermawati, Imada Khairunisa, Increasing Interest in Learning Mathematics Through the Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Approach in Grade II Elementary School Students , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Mariani Surtiningsih, Penerapan Model Jigsaw Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Husni Qodariah, Sylvia Rabbani, Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Windi Triwahyuni, Jajang Bayu Kelana, Duhita Savira Wardani, Penggunaan Model Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Ade Nira Susilawati, Jajang Bayu Kelana, Muhammad Ghiyats Ristiana, The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Ahadiyatul Kamilah, Siti Ruqoyyah, Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Menggunakan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Rai Restu Gustina, Asep Kurnia Jayadinata, Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Hanifah Hanifah, I Nengah Suastika, Dewa Bagus Sanjaya, A Systematic Review of Gamification-Based Learning Resources in Civic Education: Enhancing Student Engagement and Civic Competence , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
You may also start an advanced similarity search for this article.