Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III

Authors

  • Husni Qodariah SDN Cigugur Tengah Mandiri 2
  • Sylvia Rabbani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11103

Keywords:

pengembangan media scratch, model discovery learning, pemahaman konsep matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Ayam MSP materi satuan panjang berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development  (R&D). Sampelnya adalah siswa kelas III SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media sangat baik dan layak digunakan di lapangan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. Ini terlihat dari hasil validasi media serta hasil respon siswa terhadap  pemahaman konsep materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata persentase validasi media 93% (sangat baik) dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep 73,46% (Baik). Dengan begitu solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan model discovery learning adalah tepat.

References

Halimah, N., Rodiyana, R., & Cahyaningsih, U. (2019). Pentingnya pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) dalam pemahaman konsep siswa Sekolah Dasar. Prosiding Unma, 577–584.

Herlina, A. A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIBI (MINIATUR BUDAYA INDONESIA) TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD N KEPATIHAN (Vol. 3, Issue 7).

Huzaeni, F., & Gunawan, I. (2022). JIIFKOM ( Jurnal Ilmiah Informatika & Komputer ) STTR Cepu Implementasi Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Scratch. 1(01), 30–34.

Khansa, S. L. I. P. Y. K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI ARIAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 2(4), 259–272.

Lily & Marchamah. (2020). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT dan Aliran Formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14.

Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 34–48. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Mariam, L., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Sd Dengan Menggunakan Metode Hands on Activity. COLLASE (Creative of Learning …, 3(6), 335–341. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5167

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mitra, Y., & Taufik, T. (2020). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 173–186.

Nikmah, & Ellianawati. (2019). Integration of Peer Instruction in the Guided Inquiry Learning Model : Practicing Science Literacy through Scratch. 5(2), 177–182.

Nisrina, Yeni Puspitasari, M. (2019). Laptop Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembangan.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03, 171–187.

Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI SATUAN PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA SCRATCH. 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898

Pratiwi, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. In Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi.

umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Widodo, B. J., & Hanifah, B. ‘arifatul. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR. Ilmiah Kontekstual, 1, 2.

Yuliana, N. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembeljaran, 2(April), 21–28.

Published

2022-12-15

How to Cite

Qodariah, H., & Rabbani, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 49–66. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11103

Issue

Section

Articles