Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Kurnia Akbar PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Citadewi Aditya PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Lathifah Rizki PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Nelly Ade Karisma PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Selvi Novitasari PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Widya Sulistia PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Yulianti Yulianti PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25432

Keywords:

model problem based learning (pbl), komik digital, hasil belajar, sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif model Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak II siklus dengan sampel adalah 30 siswa sekolah dasar kelas V di wilayah Kelurahan Cigugur Tengah.Teknik pengumpulan data berbentuk lembar tes hasil belajar Pretest dan post test. Pada siklus I, diperoleh rata-rata kelas 62,05 hanya 13 orang siswa dari 28 orang siswa yang tuntas dan sebanyak 46,42%, sebanyak 15 orang siswa belum mencapai nilai KKTP. Pada siklus II diperoleh rata-rata 80,58 sebanyak 24 orang siswa dari 28 orang siswa dapat dikatakan tuntas dan 85,71%, sebanyak 4 orang siswa belum mencapai nilai KKTP. Dari hasil tes pemahaman konsep II mengalami peningkatan sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas melebihi dari 70% menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik digital yang inovatif secara signifikan pada materi pecahan perkalian. Penelitian ini diharapkan agar penerapan model dan media tersebut dapat berkembang untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

References

Daulay (2019). Penerapan Model Pembelajaran Rme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 302-310. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/20670

Donggeari, dkk. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan) dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT di Kelas V SDKBangkara. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 23-34.

Kartini, I., dkk. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. IDEGURU: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256-263.

Kusumadewi, N. L. W., dkk. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. JIPCB: Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti¸9(1), 103-116.

Lubis, Rifka., & Hadia (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Teaching. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 76-82. http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/348

Makbulah, Z. A., (2023). Penerapan Media Komik Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III MI Andina Kota Bogor. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah

Nandhita, A. A., Kristin, F., & Anugraheni. I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 5(1): 23-32. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305-317. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/3756

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Nurjanah, S., Fajrie, N., & Surachmi, S. W. (2023). Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan Metode Eksperimen terhadap Pengaruh Hasil Belajar IPA di SDN Trimulyo 01. Journal on Education, 5(3), 5862-5870. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1349

Novita, N. Z. R., dkk. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4), 423-428. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5251

Rahmadhani, N., Wardhani, S., & Sumah, A.S.W. (2021). Hubungan Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Sman Sumatera Selatan. BIOMA:Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1): 1-9. https://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/8425

Rubianti T., dkk. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kelas V. COLLASE: Creative of Learning Student Elementary Education, 2(2), 82-89.

Septyarini, A., (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Cerita Parabel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jenis Segitiga dengan Berbantuan Teorena Phytagoras. Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung.

Widura, I. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmialh Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 200-209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/35695

Yulianti, E., dkk. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Sciene and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Published

2024-12-31

How to Cite

Akbar, K., Aditya, C., Rizki, L., Ade Karisma, N., Novitasari, S., Sulistia, W., & Yulianti, Y. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25432

Issue

Section

Articles