Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25432Keywords:
model problem based learning (pbl), komik digital, hasil belajar, sekolah dasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif model Problem Based Learning (PBL) berbantuan komik digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak II siklus dengan sampel adalah 30 siswa sekolah dasar kelas V di wilayah Kelurahan Cigugur Tengah.Teknik pengumpulan data berbentuk lembar tes hasil belajar Pretest dan post test. Pada siklus I, diperoleh rata-rata kelas 62,05 hanya 13 orang siswa dari 28 orang siswa yang tuntas dan sebanyak 46,42%, sebanyak 15 orang siswa belum mencapai nilai KKTP. Pada siklus II diperoleh rata-rata 80,58 sebanyak 24 orang siswa dari 28 orang siswa dapat dikatakan tuntas dan 85,71%, sebanyak 4 orang siswa belum mencapai nilai KKTP. Dari hasil tes pemahaman konsep II mengalami peningkatan sesuai dengan kriteria ketuntasan kelas melebihi dari 70% menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media komik digital yang inovatif secara signifikan pada materi pecahan perkalian. Penelitian ini diharapkan agar penerapan model dan media tersebut dapat berkembang untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
References
Daulay (2019). Penerapan Model Pembelajaran Rme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 302-310. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/20670
Donggeari, dkk. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan) dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT di Kelas V SDKBangkara. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 23-34.
Kartini, I., dkk. (2023). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. IDEGURU: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 256-263.
Kusumadewi, N. L. W., dkk. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. JIPCB: Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti¸9(1), 103-116.
Lubis, Rifka., & Hadia (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Teaching. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 76-82. http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/348
Makbulah, Z. A., (2023). Penerapan Media Komik Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III MI Andina Kota Bogor. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah
Nandhita, A. A., Kristin, F., & Anugraheni. I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 5(1): 23-32. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3354
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305-317. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/3756
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Nurjanah, S., Fajrie, N., & Surachmi, S. W. (2023). Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan Metode Eksperimen terhadap Pengaruh Hasil Belajar IPA di SDN Trimulyo 01. Journal on Education, 5(3), 5862-5870. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1349
Novita, N. Z. R., dkk. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4), 423-428. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5251
Rahmadhani, N., Wardhani, S., & Sumah, A.S.W. (2021). Hubungan Kemampuan Awal, Pemahaman Konsep, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Sman Sumatera Selatan. BIOMA:Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1): 1-9. https://journal.upgris.ac.id/index.php/bioma/article/view/8425
Rubianti T., dkk. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kelas V. COLLASE: Creative of Learning Student Elementary Education, 2(2), 82-89.
Septyarini, A., (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Cerita Parabel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jenis Segitiga dengan Berbantuan Teorena Phytagoras. Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung.
Widura, I. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmialh Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 200-209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/35695
Yulianti, E., dkk. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Sciene and Mathematics Education, 2(3), 399-408.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.