Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.12647Keywords:
aplikasi canva, bahan ajar, kemampuan pemahaman membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji secara komprehensif proses pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi canva, respon siswa terhadap bahan ajar berbasis aplikasi canva dan pengaruh penerapan bahan ajar berbasis aplikasi canva terhadap peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman Sekolah Dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode research and developement (RnD). Subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 30 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu:1) bahan ajar yang dikembangkan adalah Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar; 2) respon siswa terhadap bahan ajar termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase angket 71,60% dan observasi 90,90%; 3) hasil belajar siswa meningkat ditunjukan dengan meningkatnya nilai uji terbatas 68% dan uji luas 72%, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil uji terbatas dan uji luas artinya bahan ajar berbasis aplikasi canva berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas IV SD.
References
Annisa, A., & Lubis, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mengidentifikasi Nilai Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Mandailing di SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3), 21–34. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19966
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.
Kamilah, A., & Ruqoyyah, S. (2022). Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Menggunakan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 25-33.
Mirasanthi, K. G., Suarjana, I. M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Penarukan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7457/5083
Rohmawati, L., Hendriani, A., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahamaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 185–193.
Seprina, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 156–164.
Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232/3289
Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., & Bengkulu, U. (2019). 11151-26018-2-Pb (1). 306–319.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Muh Ganjar Lugina, Yuni Artiani, Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Evie Rahmawati, Latifah Latifah, Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Marlinda Marlinda, Penggunaan Strategi Story Impressions untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa SMP , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, Application of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Hanifah Hanifah, I Nengah Suastika, Dewa Bagus Sanjaya, A Systematic Review of Gamification-Based Learning Resources in Civic Education: Enhancing Student Engagement and Civic Competence , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Ayu Erika Puspasari, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Fattya Rosyada, Nurul Ikhsan Karimah, Analysis of Students' Misconceptions On The Characteristics of Flat Shapes Using Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test in Grade V Elementary School , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
You may also start an advanced similarity search for this article.