Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muh Ganjar Lugina SD Negeri Sirnasari, Sumedang
  • Yuni Artiani SD Negeri Margaluyu, Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Keywords:

matematika realistic, koneksi matematis, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen murni. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar (SD) Kecamatan Sumedang Utara. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas V  SDN Sindang 2 dan SDN Sindang 3. Instrumen yang digunakan diantaranya soal tes koneksi matematika,  observasi siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan didasarkan pada hasil uji nonparametric N-gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol melalui uji-U (Mann-Whitney) dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh P-value (Sig. 1-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian hasil penghitungan dapat dinyatakan P-value < α, sehingga H0 ditolak. Artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Selain itu,  aktifitas siswa dalam pembelajaran cukup baik dan tingkat respon siswa sebesar 76,35% yang diinterpretasikan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.

References

Annisa Indrawati, F. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. PRISMA.

Bito, G. S. (2016). AKTIVITAS BERMAIN SEBAGAI KONTEKS DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol1.no4.250-255

Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Nur, R. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika.

OECD. (2015). Skills for social progress: the power of social and emotional skills. In OECD Skills Studies.

Pitajeng, P. (2006). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-ended Problems. Urnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 36(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v36i1.7285

Putri, H. E., Pertiwi, C. K., Arrum, A. H., Nurhanifa, R., & Yuliyanto, A. (2021). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY INSTRUMENT FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a1.2021

Reynolds, D., Chapman, C., Kelly, A., Muijs, D., & Sammons, P. (2011). Educational effectiveness: The development of the discipline, the critiques, the defence, and the present debate. Effective Education. https://doi.org/10.1080/19415532.2011.686168

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam Ilmu Manajemen. Education, 1.

Tarigan, R. (2021). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA. Sepren. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.233

Published

2022-06-01

How to Cite

Ganjar Lugina, M., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Issue

Section

Articles