Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Muh Ganjar Lugina(1*), Yuni Artiani(2)

(1) SD Negeri Sirnasari, Sumedang
(2) SD Negeri Margaluyu, Sumedang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen murni. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar (SD) Kecamatan Sumedang Utara. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas V  SDN Sindang 2 dan SDN Sindang 3. Instrumen yang digunakan diantaranya soal tes koneksi matematika,  observasi siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan didasarkan pada hasil uji nonparametric N-gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol melalui uji-U (Mann-Whitney) dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh P-value (Sig. 1-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian hasil penghitungan dapat dinyatakan P-value < α, sehingga H0 ditolak. Artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Selain itu,  aktifitas siswa dalam pembelajaran cukup baik dan tingkat respon siswa sebesar 76,35% yang diinterpretasikan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.


Keywords


matematika realistic; koneksi matematis; sekolah dasar

References


Annisa Indrawati, F. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. PRISMA.

Bito, G. S. (2016). AKTIVITAS BERMAIN SEBAGAI KONTEKS DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol1.no4.250-255

Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Nur, R. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika.

OECD. (2015). Skills for social progress: the power of social and emotional skills. In OECD Skills Studies.

Pitajeng, P. (2006). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-ended Problems. Urnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 36(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v36i1.7285

Putri, H. E., Pertiwi, C. K., Arrum, A. H., Nurhanifa, R., & Yuliyanto, A. (2021). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY INSTRUMENT FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a1.2021

Reynolds, D., Chapman, C., Kelly, A., Muijs, D., & Sammons, P. (2011). Educational effectiveness: The development of the discipline, the critiques, the defence, and the present debate. Effective Education. https://doi.org/10.1080/19415532.2011.686168

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam Ilmu Manajemen. Education, 1.

Tarigan, R. (2021). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA. Sepren. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.233




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:

 

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) published by:

PPG IKIP SILIWANGI

Jl. Terusan Jenderal Sudirman
Gedung E1, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
Telepon/Faks: (022) 6629913,
Whatsapp: +6285222840857
Email: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id

Location:

JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.