Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.21766Keywords:
intensitas menonton, tiktok, hasil belajar.Abstract
Intensitas menonton bisa diartikan dengan frekuensi atau seberapa seringnya melihat vidio, seberapa dalam sesorang itu menonton, seberapa lama menghabiskan waktu untuk menonton, serta daya dari konsentrasi saat menonton. Video tutorial merupakan suatu media pembelajaran yang bermanfaat guna meningkatkan kemampuan yang ada pada siswa. Mengakses media sosial tiktok sudah menjadi sebuah rutinitas gen Z yang umumnya merupakan seorang siswa, tiktok kerap digunakan sebagai media pembelajaran bagi para siswa untuk mengetahui berbagai macam informasi dan pengetahuan, trend terkini, video tutorial, dan kreativitas yang ada guna meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton vidio tutorial hairdo melalui media sosial tiktok terhadap hasil belajar penataan rambut siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif cross sectional, teknik sampling yang digunakan adalah total population sampling (teknik sampel keseluruhan) yang akan dilakukan dengan seluruh siswa kelas X dan XI yang mengikuti student day tata rias sebanyak 52 orang siswa. Data ini akan diolah dengan uji korelasi product moment dan uji t. Hasil pengolahan data menggunakan uji korelasi product moment terdapat nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 11.050 > t tabel 1.6791, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh intensitas menonton vidio tutorial hairdo melalui media sosial tiktok terhadap hasil belajar penataan rambut siswa student day tata rias SMA Plus PGRI Cibinong secara signifikan.
References
Adawiyah, D.P.R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Afrelia, N.D., & Khairat, M. (2022). Hubungan antara intensitas pengguna tiktok dengan kontrol diri pada remaja. Jurnal Spirit, 12(2), 62–67. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12808
Ajeng Wind. (2014). Jago Membuat Video Tutorial. Jakarta: Dunia Komputer.
Ajzen, I. (2005). Attitude, personality, and behavior Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65-74.
Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J.I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2).
Gunarso. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Haenlein, M., & Kaplan, A. (2019). Sejarah singkat kecerdasan buatan: Tentang kecerdasan buatan di masa lalu, sekarang, dan masa depan. Tinjauan Manajemen California, 61(4), 5–14. https://doi.org/10.1177/0008125619864925
Harahap, Sartini, dkk. (2008). Tata Kecantikan Rambut Tingkat Trampil. Jakarta: Meutia Cipta Sarana.
Hayati, L. (2018). Konsep Diri Anak-anak Pengguna Aktif Media Sosial. Masyarakat, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65
Hutajulu, C. S. M., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3002–3010. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2546
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.33366/ILG.V1I2.1356
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1). https://10.30738/trihayu.v3I1.739
Kusumadewi, dkk. (2012). Pengetahuan dan seni tata rambut Modern tingkat Mahir. Jakarta: Meutia Cipta Sarana.
M. Nurtanto, P. Sudira, H. Sofyan, N. Kholifah, and T. Triyanto, “Professional Identity of Vocational Teachers in the 21st Century in Indonesia,” J. Eng. Educ. Transform., vol. 35, no. 3, pp. 30–36, 2022. https://doi.org/10.1063/5.0106935
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Neidi, A. W. (2019). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 1(2), 97-105. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43142
Open University Press Friendha Yuanta. (2019). Pengembangan Media Video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Ramdani, N.S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Ramdhini, V. C., & Fatoni, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Video Youtube Dan Kredibilitas Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’). Scriptura, 10(2), 53-59. https://doi.org /10.9744/SCRIPTURA.10.2.53-59
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahuma. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Romadi, P. (2020). Intensitas Menonton Video Dakwah melalui Media Platform Online dengan Tingkat Religiusitas. Idarotuna, 2(2), 19–33. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2.9994
Rostamalis, dkk. (2008). Kecantikan Rambut Jilid 1. Direktorat Pembinaan SMK
Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647
Sinta, T., Rasida Luisandrith, D., Yanuartuti, S., Seni Budaya, P., & Negeri Surabaya, U. (2020). Interdisiplin: Pembelajaran Seni Tari Melalui Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Seni Tari, 9(2), 175–180. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/42085
SMA Plus PGRI. (2022). Kurikulum SMA Plus PGRI Cibinong Tahun 2022-2023. Bogor: SMA Plus PGRI Cibinong
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group
SUSILOWATI, S. (2015). Pengaruh Intensitas Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Slahung Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647
Thaariq, Zahid Zufar At. 2020. “The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal”. Teknodika Jurnal, Vol. 18, No. 2. https://doi.org/10.20961/teknodika.v18i2.42181
van der Meij, H., & van der Meij, J. (2016). Efek review dalam video tutorial. Jurnal Pembelajaran Berbantuan Komputer, 32(4), 332–344. https://doi.org/10.1111/jcal.12136
Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Wiratna, Sujarweni. 2019. “The Master Book Of SPSS Pintar Mengolah Data Statistik untuk Segala Keperluan Otodidak”. Yogyakarta: Startup.
Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Zarrella, D. (2009). The Social Media Marketing Book.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.