Penggunaan Model Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.20025Keywords:
berpikir kreatif, picture and picture, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui penggunaan model kooperatif picture and picture berbantuan canva untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi daur hidup hewan di sekolah dasar. Berdasarkan data dan fakta hasil peneliti, permasalahan yang terjadi di lapangan adalah pembelajaran yang dilakukan masih monoton dan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Metode yang digunakan adalah metode mix method untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batujajar dengan total siswa 36 orang. Instrumen dalam penelitian ini, meliputi instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mampu berpikir kreatif dengan perolehan rata-rata skor posttest berkisar 86,67 setelah menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Dapat disimpulkan bahwa, hasil dari kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture menunjukkan peningkatan dan dapat dikatakan telah mencapai tujuan penelitian. Jadi, eksplorasi ini bisa dikatakan menemukan keberhasilan.
References
Asdarina, O. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Desimal melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Serambi Akademica, 5(1), 43-52.
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484- 490.
Desniarti, D., Zulfitri, Z., Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SD Swasta IT Darussalam. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 5(1), 57-65.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066-1073.
Dwipuspasari, F., Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(3), 138-147.
Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4), 1770-1775.
Lenggogeni, L., & Ruqoyyah, S. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 249-256.
Mabruroh, L. H., Irianto, A., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 102-108.
Masrizal, M. (2012). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 53-56.
Migiro, S. O., & Magangi, B. A. (2011). Mixed methods: A review of literature and the future of the new research paradigm. African journal of business management, 5(10), 3757-3764.
Rosidah, A., & Kurino, Y. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 150-156.
Saidah, I., Dwijanto, D., & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 1042-1045.
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).