Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah

Authors

  • Inthan Nenditha SDP Al-Basyariah
  • Jajang Bayu Kelana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.12281

Keywords:

media powerpoint interaktif, pemahaman konsep ipa

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran, wawancara dengan guru kelas IV Pondok Pesantren SD Al-Basyariah, serta versi publikasi. Bahwa penggunaan media pembelajaran IPA kurang bervariasi, hanya menggunakan media cetak guru dan buku siswa. Itulah salah satu wawasan mendalam kelas bumi siswa kelas IV Albasyariah. Maka dari itu untuk memberikan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran yang berjilbab dan dapat menarik minat siswa terhadap sumber energi, perubahan bentuk energi dan energi alternatif di kelas iv sdyariah, dimana media powerpoint bersifat interaktif. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan menggunakan sepuluh langkah sesuai dengan borg and gall. Media pembelajaran tersebut dapat disebarluaskan dan juga digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kelayakan yang dilakukan pada tahap penelitian dan terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan tes menghasilkan bahwa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa dan media pembelajaran menjadi sangat sesuai, dengan demikian media pembelajaran powerpoint interaktif dapat digunakan pada empat pembelajaran IPA dasar.

References

Aulia, F. (2014). Pengembangan media pembelajarn interaktif berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Chemistry in Education, 3(2), 1–8.

Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas.

Choirun, N., Anggana, A. Y., & Al., E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 311–317. file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/230725383.pdf

Dwi Puspitasari, W. (2016). Pengaruh Sarana Belajar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120.

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Media Majalah Online Menggunakan Model Kooperatif Learning Start With a Question Di Kelas V Sd. Journal of Elementary Education, 03(04), 174–181.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whastsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/58/23

Juniar Maulani. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 106–123. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613

Kelana, J. B., Robandi, B., & Widodo, A. (2022). Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School? International Journal of Elementary Education, 6(2). https://doi.org/doi.org/10.23887/ijee.v6i2.45611

Kelana, J. B., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2021). Learning Methods and Critical Thinking Ability on Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.29940

Nirmawati, N., & Arief, T. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 429. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1172

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Eductech Undiksha, 7(1), 12–22.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 Di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. 6(12), 112–129.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231–239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Sulfemi, W. B., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 200–209. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.284

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Published

2023-12-31

How to Cite

Nenditha, I., & Bayu Kelana, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(2), 120–129. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.12281

Issue

Section

Articles