Proses Pencapaian Keterampilan Literasi Membaca Pada Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Pojok Baca di Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.21531Keywords:
membaca, gerakan literasi sekolah, pojok bacaAbstract
Keterampilan membaca sudah seharusnya dikuasai oleh semua orang tidak terkecuali bagi peserta didik karena hal yang tercantum semakin memudahkan peserta didik agar menggali informasi dari berbagai sumber tertulis serta dengan kemampuan membaca namun rendahnya minat baca masyarakat Indonesia berdasarkan data PISA dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan kognitif dan intelektual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data hasil observasi dan wawancara untuk mendeskripsikan bagaimana tahap perencanaan pengembangan keterampilan literasi, menjelaskan proses pengembangan keterampilan literasi dengan memanfaatkan pojok baca, dan menggambarkan keterampilan literasi membaca peserta didik setelah tersedianya pojok baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek nya adalah peserta didik kelas IV SDN Tegal Jetak, sedangkan objek nya adalah proses pencapaian keterampilan literasi melalui pemanfaatan pojok baca. Kegiatan literasi melalui pemanfaatan pojok baca di SDN Tegal Jetak khususnya kelas IV mengalami perubahan yang signifikasi. Proses pencapaian keterampilan literasi membaca pada peserta didik berjalan karena adanya proses perencanaan, pelaksanaan dan hasil. Hasil akhirnya dapat meningkatnya keterampilan membaca peserta didik melalui pemanfaatan pojok baca.
References
Ali, N. B. V., Setiawan, I. G. N., Joko, B. S., Ulumuddin, I., & Julizar, K. (2018). Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jakarta: Kemendikbud.
Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Aswasulasikin, A., Apriana, D., Aziz, A., & Husna, R. A. (2023). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Baca Siswa Kelas IV SDN 2 Suryawangi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 177-188. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.18795
Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70-78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714
Fatmawati, (2020). Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan Dengan Strategi Think Talk Write Pada Siswa Kelas VIII A MTsN 1 Hulu Sungai Utara. Jurnal Hayati, 6(3), 140-148.
Herawati, H., Lamada, M., & Rahman, E. S. (2019). Analisis kemampuan literasi siswa SMK Negeri di Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Ifadah, A. S. (2020). Literasi: pemahaman literasi baca-tulis anak usia dini pada mahasiswa PIAUD semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Golden Age, 4(02), 290-296. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2419
Ismaya, B. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kesuma, D. T., Yuliantini, N., & Supriatna, I. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 54-60. https://doi.org/10.33369/juridikdas.5.1.%25p
Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. (2020, December). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Meliantina, M. (2019). Menerapkan budaya literasi guru sekolah dalam upaya meningkatkan pendidikan di era industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120-139. https://doi.org/10.52431/murobbi.v3i2.199
Muarifin, Mohamad. (2011). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP. Kediri: Percetakan UNP.
Ningrum, P. P., Sari, M. K., & Lestari, S. (2020). Implementasi pojok baca di sekolah dasar (studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 307-312.
Novrizadi. (2021). Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan, Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional. Diakses dari https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi
Nugraha, C., & Doyin, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Imajinasi Bermuatan Nilai Toleransi Menggunakan Model Copy the Master Berbantuan Media Film Animasi Bagi Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 11 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 32-41. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.35034
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Purwadi, P., Hendrik, M., & Arafatun, S. K. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Tahap Pembiasaan: Perbedaan Implementasi Antara Sd Negeri 3 Pangkal Pinang Dan Sd Stkip Muhammadiyah Bangka Belitung. SEMNASFIP.
Rahmawati, I. A., Mudzanatun, M., & Royana, I. F. (2019). Analisis Kesalahan Penerapan Kata Baku dan Tanda Baca dalam Menulis Kembali Isi Cerita Fabel. Mimbar Ilmu, 24(2), 259-269. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21307
Rajab, I. (2017). Analisi Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep (Doctoral dissertation, FBS).
Rusniasa, N. M. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Penatih Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Saraswati, S., & Sridiyatmiko, G. S. G. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Sosialita, 16(2). https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1680
Sari, V. O. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextua Teaching And earning Terhadap Kemampuan Menuis Karangan Deskripsi Pada Siswa Keas X SMAN 4 Kotabumi. Parataksis: Jurna Bahasa, Sastra, Dan Pembeajaran Bahasa Indonesia, 1(1). 1-12. https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2252
Schmoker, Mike. (2012). Menjadi Guru yang Efektif: Bagaimana Pengembangan Baru Membaca dan Diterjemahkan oleh Barnadi Putera. Jakarta: PT Geora Aksara Pratama.
Septiary, D. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(2), 159-169. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32054
Susilalwalti daln Sulhaln (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena, 9(2), 261-273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Tim Kemendikbud. (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas Dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah Kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Lamatenggo, N., & Uno, H. B. (2016). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.