Penggunaan Model Kooperatif Picture and Picture Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.20025Keywords:
berpikir kreatif, picture and picture, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui penggunaan model kooperatif picture and picture berbantuan canva untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi daur hidup hewan di sekolah dasar. Berdasarkan data dan fakta hasil peneliti, permasalahan yang terjadi di lapangan adalah pembelajaran yang dilakukan masih monoton dan rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Metode yang digunakan adalah metode mix method untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batujajar dengan total siswa 36 orang. Instrumen dalam penelitian ini, meliputi instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mampu berpikir kreatif dengan perolehan rata-rata skor posttest berkisar 86,67 setelah menggunakan model kooperatif tipe picture and picture berbantuan aplikasi canva. Dapat disimpulkan bahwa, hasil dari kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture menunjukkan peningkatan dan dapat dikatakan telah mencapai tujuan penelitian. Jadi, eksplorasi ini bisa dikatakan menemukan keberhasilan.
References
Asdarina, O. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Desimal melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Serambi Akademica, 5(1), 43-52.
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484- 490.
Desniarti, D., Zulfitri, Z., Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SD Swasta IT Darussalam. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 5(1), 57-65.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066-1073.
Dwipuspasari, F., Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(3), 138-147.
Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4), 1770-1775.
Lenggogeni, L., & Ruqoyyah, S. (2021). Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 249-256.
Mabruroh, L. H., Irianto, A., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 102-108.
Masrizal, M. (2012). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 53-56.
Migiro, S. O., & Magangi, B. A. (2011). Mixed methods: A review of literature and the future of the new research paradigm. African journal of business management, 5(10), 3757-3764.
Rosidah, A., & Kurino, Y. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe- Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 150-156.
Saidah, I., Dwijanto, D., & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 1042-1045.
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah, Neneng Kurnia Sandi, Rima Rahmawati Permana, Sulastri Nurmaya, Ryan Dwi Puspita, Analisis Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Indira Salshanabila Putri, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Evie Kareviati, Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Aris Al Gimdi, Hana Sakura Putu Arga, Uus Kuswendi, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Phair Check Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Toleransi Pada Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Rai Restu Gustina, Asep Kurnia Jayadinata, Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Riska Agni Rahayu, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Laporan Wawancara dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Menulis Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Ade Nira Susilawati, Jajang Bayu Kelana, Muhammad Ghiyats Ristiana, The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Monica Desy Deria, Duhita Savira Wardani, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
You may also start an advanced similarity search for this article.