Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25803Keywords:
analisis, minat belajar, ular tanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada materi perpangkatan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media ular tangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengedarkan angket yang mencakup lima indikator minat belajar matematika belajar, terdiri dari 22 pernyataan, kepada siswa setelah mereka berpartisipasi dalam permainan. Data yang terkumpul dianalisis untuk menentukan persentase minat belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media ular tangga secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, dengan rata-rata persentase motivasi mencapai 86,64% dalam kategori sangat baik. Indikator-indikator seperti perasaan senang, keterlibatan, dan ketertarikan siswa memperoleh nilai tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga efektif dalam memperkuat pemahaman konsep perpangkatan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, serta menciptakan pengalaman belajar yang positif dalam mata pelajaran matematika.
References
Aditya, F., Fadhila, A., Setyawan, F., & Kurniawan, A. T. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika dan Dampaknya : Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding, 2964–1888, 1018–1024.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.
Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(16650001), 85-99.
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis minat belajar siswa smp di cimahi pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan software geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876
Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34-48.
Ndraha, I. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis hubungan minat belajar dengan hasil belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672-681.
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21.
Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 8(2), 376–380.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Evie Rahmawati, Latifah Latifah, Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Monica Desy Deria, Duhita Savira Wardani, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Sulasmi Sulasmi, Persepsi Guru terhadap Belajar Toleransi dalam Islam pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Ayu Aisyah Fadillah, Asep Sukenda Egok, Novianti Mandasari, Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Indira Salshanabila Putri, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Hanifah Hanifah, I Nengah Suastika, Dewa Bagus Sanjaya, A Systematic Review of Gamification-Based Learning Resources in Civic Education: Enhancing Student Engagement and Civic Competence , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Fattya Rosyada, Nurul Ikhsan Karimah, Analysis of Students' Misconceptions On The Characteristics of Flat Shapes Using Two-Tier Multiple-Choice Diagnostic Test in Grade V Elementary School , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Marlinda Marlinda, Penggunaan Strategi Story Impressions untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa SMP , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
You may also start an advanced similarity search for this article.