Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Vinka Riantini Rukman SDN Cingcin 01
  • Asep Samsudin IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11757

Keywords:

modul, kontekstual, aplikasi canva

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Permasalahan yang dialami oleh guru yaitu kurangnya kemampuan dalam teknologi dan adanya keterbatasan kemampuan dalam penggunaan teknologi. Di sisi lain, terdapat permasalahan pada siswa yaitu kurangnya hasil belajar sehingga kualitas pendidikan individu menurun. Dengan begitu, memerlukan penggunaan bahan ajar tambahan yang menggunakan teknologi serta bisa dikembangkan atau di ciptakan oleh guru sebagai pilihan fasilitas dalam membimbing siswa di kelas terhadap materi pecahan. Pada penelitian memakai metode Research and Development (R&D) serta mengumpulkan berbagai data meliputi lembar validasi ahli, respon penggunaan dari siswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan memperlihatkan hasil jika  pengembangan Modul menggunakan model Borg and Gall. Penilaian dilaksanakan oleh validator yakni ahli media dan ahli materi menyatakan pengembangan bahan ajar termasuk kedalam kategori “Sangat Layak†agar bisa diimplementasikan kepada siswa. Respon dari para pengguna menyatakan pengembangan bahan ajar yang sudah dilakukan termasuk kedalam kategori “Sangat Baik†jika dipergunakan pada kegiatan belajar Matematika.

References

Ahmar, A. S., & Rahman, A. (2017). Development of teaching material using an Android. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 72–76. https://doi.org/10.26858/gjeev19i1y2017p7376

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Smp Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Aqib, Z. (2019). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Yrama Widya.

Jaya, G. A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 18-24.

Lestari, C. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 105. https://doi.org/10.21009/pip.302.5

Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 34–48. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451

Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Romdiani, N. S., & Lestari, P. (2018). Efektifitas Pembelajaran Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.984

Rukajat, A. (2013). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 85–111.

Sidik, G. T., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Firdaus, A. R. (2020). The Effect Of Macromedia Flash Based Learning Media To Improve The Ability To Calculate Of Students In Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1805

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wijarini, F., & Zulfadli. (2018). BERBASIS POTENSI LOKAL DI KOTA TARAKAN Development of Medical Plant Ensiklopedia Design Based Local Potential in Tarakan City Fitri Wijarini *, Zulfadli. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 11–16.

Published

2022-12-15

How to Cite

Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 133–141. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11757

Issue

Section

Articles