Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Monica Desy Deria SDP AL-Basyariah
  • Duhita Savira Wardani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283

Keywords:

media, powerpoint interaktif, pemahaman konsep

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep IPA pada siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, kurangnya partisipasi siswa, dan kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga membuat siswa merasa kesulitan untuk memahami materi IPA secara baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangakan produk berupa media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada penggunaan media powerpoint interaktif dalam proses pembelajaran dan juga untuk melihat adakah peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada penggunaan media powerpoint interaktif. Metode penelitian yang digunakan yakni Research And Development (R&D) megadopsi pada model pengembangan Borg and Gall, penelitian ini dilakukan di SDP AL-Basyariah pada siswa kelas V. Penggunaan media powerpoint interaktif medapatkan respon yang sangat positif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil presentase rata-rata respon siswa. Pada uji coba produk diperoleh presentase sebesar 85% sedangkan pada uji pemakaian diperoleh presentase sebesar 81% kedua uji coba ini masuk pada kriteria sangat positif. Lalu untuk melihat adakah peningkatan pemahaman konsep pada siswa maka peneliti melakukan analisis uji N-Gain.  Pada uji coba produk diperoleh nilai sebesar 1,57 dengan kategor tinggi, sedangkan nilai N-Gain pada uji pemakaian diperoleh nilai sebesar 1,47 dengan kategori tinggi. Dengan demikian  media powerpoint interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Anisa, N., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan Media Powerpoint Motion Graphics Sederhana Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 78-94.

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Bagi Tenaga Pendidik Paud Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 6(1), 16-24.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Kelana, J. B., Robandi, B., & Widodo, A. (2022). Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School? International Journal of Elementary Education, 6(2). https://doi.org/doi.org/10.23887/ijee.v6i2.45611

Maruf, M., & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1-12.

OECD. 2019. PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA OECD Publishing.

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar.

Samsu. (2017). Metode Penelitian. Jambi: Pusaka Jambi.

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136-148.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, K. (2017). Media Visual dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 160-171.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Wardani, D. S., Kelana, J. B., &, & Jojo, Z. M. M. (2021). Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-based Natural Science Online Learning. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 98-108. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.9652

Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77-83.

Published

2022-12-15

How to Cite

Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283

Issue

Section

Articles