Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i2.25803Keywords:
analisis, minat belajar, ular tanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada materi perpangkatan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media ular tangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengedarkan angket yang mencakup lima indikator minat belajar matematika belajar, terdiri dari 22 pernyataan, kepada siswa setelah mereka berpartisipasi dalam permainan. Data yang terkumpul dianalisis untuk menentukan persentase minat belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa media ular tangga secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa, dengan rata-rata persentase motivasi mencapai 86,64% dalam kategori sangat baik. Indikator-indikator seperti perasaan senang, keterlibatan, dan ketertarikan siswa memperoleh nilai tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga efektif dalam memperkuat pemahaman konsep perpangkatan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, serta menciptakan pengalaman belajar yang positif dalam mata pelajaran matematika.
References
Aditya, F., Fadhila, A., Setyawan, F., & Kurniawan, A. T. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika dan Dampaknya : Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding, 2964–1888, 1018–1024.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.
Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(16650001), 85-99.
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis minat belajar siswa smp di cimahi pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan software geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876
Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 34-48.
Ndraha, I. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis hubungan minat belajar dengan hasil belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672-681.
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21.
Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 8(2), 376–380.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).