The Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Improve Learning Outcomes and Learning Motivation of Grade XI.3 Students at SMA Negeri 1 Palembang

Penulis

  • Nuraini Nuraini PPG FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Camellia Camellia PPG FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Maimun Maimun SMAN 1 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27593

Kata Kunci:

Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PTK

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan latar budaya peserta didik ke dalam materi pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan inklusif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua kali siklus. Terdapat 4 tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah peserta didik 38 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dengan rata-rata nilai sebesar 79, 05 dengan ketuntasan klasikal 65%, sedangkan siklus 2 rata-rata nilai 96,36 dengan ketuntasan klasikal 94%. Berkenaan dengan hasil motivasi belajar Pada siklus 1 dengan rata-rata 73% kategori tinggi, sedangkan Pada siklus kedua rata-rata motivasi belajar 95% kriteria sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.

Referensi

Alfiandra, A., Dianti, P., Fatihah, H., & Safitri, S. (2025). Pelatihan pembuatan desain pembelajaran dengan pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru MGMP PPKn SMP Kabupaten Ogan Komering Ilir. Abdimas Galuh, 7(1), 494-505.

Andelia, I. S. K., Setianingsih, R., & Jannah, F. (2024). Penerapan problem-based learning dan pendekatan culturally responsive teaching pada materi segi empat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vii. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1552-1531.

Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850.

Fadillah, L. R., & Listiawan, T. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching (crt) pada pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smp. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 65-73.

Fathoni, F. (2024). Pengembangan materi ajar bahasa arab berbasis budaya lokal untuk meningkatkan motivasi belajar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1152-1165.

Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan model pbl terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan crt. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(2), 162-169.

Hariyanti, S., Hadi, F. R., & Kuswardiyanti, H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas iv sekolah dasar. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 15-22.

Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan pjbl (project based learning) dengan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas x-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.

Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan model project based learning melalui pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 153-163.

Rofiah, A., & Gaffar, A. (2025). Penerapan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas ix smpn 1 sungguminasa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 231-240.

Shaputra, H. T., & Fahmi, D. A. (2025). Pengaruh pendekatan crt (culturally responsive teaching) terhadap hasil belajar softball siswa sma 8 semarang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 6(1), 14-21.

Sya’bana, M. A. L. I. H. A., Hariyono, E. K. O., & Maharani, T. D. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar ipa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 74-88.

Wahyuningsih, D., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2023). Optimalisasi hasil belajar kimia melalui implementasi model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jurnal Kependidikan, 8(2), 45-52.

Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22-28.

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Nuraini, N., Camellia, C., & Maimun, M. (2025). The Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Improve Learning Outcomes and Learning Motivation of Grade XI.3 Students at SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Profesi Pendidikan, 4(1), 146–155. https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27593

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.