The Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Improve Learning Outcomes and Learning Motivation of Grade XI.3 Students at SMA Negeri 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27593Kata Kunci:
Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan latar budaya peserta didik ke dalam materi pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan inklusif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua kali siklus. Terdapat 4 tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah peserta didik 38 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dengan rata-rata nilai sebesar 79, 05 dengan ketuntasan klasikal 65%, sedangkan siklus 2 rata-rata nilai 96,36 dengan ketuntasan klasikal 94%. Berkenaan dengan hasil motivasi belajar Pada siklus 1 dengan rata-rata 73% kategori tinggi, sedangkan Pada siklus kedua rata-rata motivasi belajar 95% kriteria sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.
Referensi
Alfiandra, A., Dianti, P., Fatihah, H., & Safitri, S. (2025). Pelatihan pembuatan desain pembelajaran dengan pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru MGMP PPKn SMP Kabupaten Ogan Komering Ilir. Abdimas Galuh, 7(1), 494-505.
Andelia, I. S. K., Setianingsih, R., & Jannah, F. (2024). Penerapan problem-based learning dan pendekatan culturally responsive teaching pada materi segi empat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vii. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1552-1531.
Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850.
Fadillah, L. R., & Listiawan, T. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching (crt) pada pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smp. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 65-73.
Fathoni, F. (2024). Pengembangan materi ajar bahasa arab berbasis budaya lokal untuk meningkatkan motivasi belajar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1152-1165.
Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan model pbl terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan crt. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(2), 162-169.
Hariyanti, S., Hadi, F. R., & Kuswardiyanti, H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas iv sekolah dasar. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 15-22.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan pjbl (project based learning) dengan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas x-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.
Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan model project based learning melalui pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 153-163.
Rofiah, A., & Gaffar, A. (2025). Penerapan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas ix smpn 1 sungguminasa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 231-240.
Shaputra, H. T., & Fahmi, D. A. (2025). Pengaruh pendekatan crt (culturally responsive teaching) terhadap hasil belajar softball siswa sma 8 semarang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 6(1), 14-21.
Sya’bana, M. A. L. I. H. A., Hariyono, E. K. O., & Maharani, T. D. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar ipa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 74-88.
Wahyuningsih, D., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2023). Optimalisasi hasil belajar kimia melalui implementasi model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jurnal Kependidikan, 8(2), 45-52.
Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22-28.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nuraini Nuraini, Camellia Camellia, Maimun Maimun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Artikel Serupa
- Ahadiyatul Kamilah, Siti Ruqoyyah, Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Menggunakan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 1 (2022): June
- Medita Ayu Wulandari, Anwar Senen, Duhita Savira Wardani, Siti Ruqoyyah, Transforming Education Through Project-Based Learning (PjBL): Enhancing Students' Learning Outcomes and Critical Thinking , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Mariani Surtiningsih, APPLICATION OF JIGSAW MODELS ON CARBON COMPOUND DERIVATIVES OF ALKANES MATERIALS TO FURTHER SCHOOLER ACTIVITIES , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 2 (2023): December
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Risma Nuriyanti, Susilawati, Deceni Amelia, Abih Gumelar, The Effect of Ethnolinguistic-Based Experiential Learning Model on Critical Thinking Abilities of PGSD Students , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Rai Restu Gustina, Asep Kurnia Jayadinata, Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 1 (2023): June
- Ade Nira Susilawati, Jajang Bayu Kelana, Muhammad Ghiyats Ristiana, The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Asih Martiasari, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 1 (2022): June
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.