The Implementation of Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach to Improve Learning Outcomes and Learning Motivation of Grade XI.3 Students at SMA Negeri 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27593Kata Kunci:
Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan latar budaya peserta didik ke dalam materi pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan inklusif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua kali siklus. Terdapat 4 tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2025/2026 dengan jumlah peserta didik 38 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 dengan rata-rata nilai sebesar 79, 05 dengan ketuntasan klasikal 65%, sedangkan siklus 2 rata-rata nilai 96,36 dengan ketuntasan klasikal 94%. Berkenaan dengan hasil motivasi belajar Pada siklus 1 dengan rata-rata 73% kategori tinggi, sedangkan Pada siklus kedua rata-rata motivasi belajar 95% kriteria sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.
Referensi
Alfiandra, A., Dianti, P., Fatihah, H., & Safitri, S. (2025). Pelatihan pembuatan desain pembelajaran dengan pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru MGMP PPKn SMP Kabupaten Ogan Komering Ilir. Abdimas Galuh, 7(1), 494-505.
Andelia, I. S. K., Setianingsih, R., & Jannah, F. (2024). Penerapan problem-based learning dan pendekatan culturally responsive teaching pada materi segi empat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vii. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1552-1531.
Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850.
Fadillah, L. R., & Listiawan, T. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching (crt) pada pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di smp. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 65-73.
Fathoni, F. (2024). Pengembangan materi ajar bahasa arab berbasis budaya lokal untuk meningkatkan motivasi belajar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 1152-1165.
Girsang, B., Maryanti, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan model pbl terhadap hasil belajar siswa melalui pendekatan crt. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5(2), 162-169.
Hariyanti, S., Hadi, F. R., & Kuswardiyanti, H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas iv sekolah dasar. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 15-22.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan pjbl (project based learning) dengan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas x-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.
Maulana, M. A., & Mediatati, N. (2023). Penerapan model project based learning melalui pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 153-163.
Rofiah, A., & Gaffar, A. (2025). Penerapan pendekatan crt (culturally responsive teaching) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas ix smpn 1 sungguminasa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 231-240.
Shaputra, H. T., & Fahmi, D. A. (2025). Pengaruh pendekatan crt (culturally responsive teaching) terhadap hasil belajar softball siswa sma 8 semarang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 6(1), 14-21.
Sya’bana, M. A. L. I. H. A., Hariyono, E. K. O., & Maharani, T. D. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar ipa. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 74-88.
Wahyuningsih, D., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2023). Optimalisasi hasil belajar kimia melalui implementasi model problem based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jurnal Kependidikan, 8(2), 45-52.
Whatoni, A. S., Anwar, Y. A. S., & Namira, D. (2024). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 22-28.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nuraini Nuraini, Camellia Camellia, Maimun Maimun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Artikel Serupa
- Ayu Erika Puspasari, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 2 (2022): December
- Husni Qodariah, Sylvia Rabbani, Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 2 (2022): December
- Hanifah Hanifah, I Nengah Suastika, Dewa Bagus Sanjaya, A Systematic Review of Gamification-Based Learning Resources in Civic Education: Enhancing Student Engagement and Civic Competence , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 1 (2023): June
- Siti Patimah, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 2 No 1 (2023): June
- Nina Vania, Wahyu Hidayat, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Hurul Ain, Ade Siti Haryanti, Ridhowati, The Influence of Audio-Visual Advertising Media on the Ability to Write Persuasive Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 9 East Jakarta , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah, Neneng Kurnia Sandi, Rima Rahmawati Permana, Sulastri Nurmaya, Ryan Dwi Puspita, ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LERANING (PjBL)TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Fattya Rosyada, Nurul Ikhsan Karimah, ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI CIRI – CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS VB SD NEGERI CIREMAI GIRI , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 1 (2022): June
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.