Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10451Keywords:
matematika realistic, koneksi matematis, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen murni. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar (SD) Kecamatan Sumedang Utara. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Sindang 2 dan SDN Sindang 3. Instrumen yang digunakan diantaranya soal tes koneksi matematika, observasi siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan didasarkan pada hasil uji nonparametric N-gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol melalui uji-U (Mann-Whitney) dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh P-value (Sig. 1-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian hasil penghitungan dapat dinyatakan P-value < α, sehingga H0 ditolak. Artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Selain itu, aktifitas siswa dalam pembelajaran cukup baik dan tingkat respon siswa sebesar 76,35% yang diinterpretasikan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.
References
Annisa Indrawati, F. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. PRISMA.
Bito, G. S. (2016). AKTIVITAS BERMAIN SEBAGAI KONTEKS DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol1.no4.250-255
Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). TEORI KOGNITIF BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Nur, R. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika.
OECD. (2015). Skills for social progress: the power of social and emotional skills. In OECD Skills Studies.
Pitajeng, P. (2006). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-ended Problems. Urnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 36(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v36i1.7285
Putri, H. E., Pertiwi, C. K., Arrum, A. H., Nurhanifa, R., & Yuliyanto, A. (2021). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY INSTRUMENT FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a1.2021
Reynolds, D., Chapman, C., Kelly, A., Muijs, D., & Sammons, P. (2011). Educational effectiveness: The development of the discipline, the critiques, the defence, and the present debate. Effective Education. https://doi.org/10.1080/19415532.2011.686168
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam Ilmu Manajemen. Education, 1.
Tarigan, R. (2021). PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA. Sepren. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508
Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.233
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Asih Martiasari, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Risky Tri Juniar, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Zulfa Kulsum, Lilis Masitoh, Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Indira Salshanabila Putri, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Nina Vania, Wahyu Hidayat, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Husni Qodariah, Sylvia Rabbani, Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Maya Hilma Khoirunnisa, Diana Ermawati, Imada Khairunisa, Increasing Interest in Learning Mathematics Through the Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Approach in Grade II Elementary School Students , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Evie Kareviati, Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
You may also start an advanced similarity search for this article.