Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.12647Keywords:
aplikasi canva, bahan ajar, kemampuan pemahaman membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji secara komprehensif proses pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi canva, respon siswa terhadap bahan ajar berbasis aplikasi canva dan pengaruh penerapan bahan ajar berbasis aplikasi canva terhadap peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman Sekolah Dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode research and developement (RnD). Subjek penelitian pada uji coba terbatas berjumlah 30 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu:1) bahan ajar yang dikembangkan adalah Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar; 2) respon siswa terhadap bahan ajar termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase angket 71,60% dan observasi 90,90%; 3) hasil belajar siswa meningkat ditunjukan dengan meningkatnya nilai uji terbatas 68% dan uji luas 72%, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil uji terbatas dan uji luas artinya bahan ajar berbasis aplikasi canva berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas IV SD.
References
Annisa, A., & Lubis, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mengidentifikasi Nilai Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Mandailing di SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 9(3), 21–34. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19966
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.
Kamilah, A., & Ruqoyyah, S. (2022). Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Menggunakan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 25-33.
Mirasanthi, K. G., Suarjana, I. M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V SD Negeri 1 Penarukan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7457/5083
Rohmawati, L., Hendriani, A., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahamaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 185–193.
Seprina, Y., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Isi Teks Bacaan Materi Cerita Rakyat Menggunakan Teknik Membaca Cepat pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari III Kota Bekasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 156–164.
Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232/3289
Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., & Bengkulu, U. (2019). 11151-26018-2-Pb (1). 306–319.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.