Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Ayang Wike Sintia SDN Pangalengan 02
  • Jajang Bayu Kelana IKIP Siliwangi
  • Anugrah Ramadhan Firdaus IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22907

Keywords:

berpikir kritis, model pembelajaran stem

Abstract

Perkembangan zaman di abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki life skill yang berguna bagi kehidupannya, salahsatu yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan pada peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran STEM pada peserta didik kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan  desain one group pretest-posttest. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar dengan jumlah jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalahsoal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Berdasarkah hasil penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI setelah menggunakan model pembelajaran STEM.

References

Afifah, A. N., Ilmiyanti, N., & Toto, T. (2019). Model project based learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Quangga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73–78.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2019). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2).

Agustina, R., Huda, I., & Nurmaliah, C. (2020). Implementasi pembelajaran STEM pada materi sistem reproduksi pertumbuhan dan hewan terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Education), 8(2), 24–32.

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441

Almulla, M. A. (2020). The effectiviness of the project-based learning (PjBL)-STEM approach as way to engage students learning. Sage Open, 10(3), 1–6.

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pneididkan Universitas Sriwijaya, 4(1998). http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.

Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Ipportunity. National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Damayanti, P., Firdaus, A. R., & Kelana, J. B. (2023). Penerapan Model Leaning By Doing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(4), 148-157.

Dewi, R. H., & Mayasari, T. H. (2017). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, Universitas PGRI Madiun.

Diana, N., & Turmudi. (2021). Kesiapan guru dalam mengemabangkan modul berbasis STEM untuk mendukung pembelajaran di abad 21. Edumatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/11720/11704

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 4(2).

Fitriyah, A., & Ramdani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 10(1), 209–226.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Halim, A. (2020). Signifikan Dan Implementasi Dalam Berpikir Kritis Dalam Proyeksi Sunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal ST. Https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/285/684

Hasanah, zainatul, Pada, A. U., Safrida, Atika, W., & Mudatsir. (2021). Implementasi model problem based learning dipadu LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Education), 9(1), 65–72.

Kelana, J. B., Widodo, A., & Suwarma, I. R. (2024). STEM Learning: How Can Environmental Issues Stimulate Elementary School Students’ Problem-Solving Abilities?. In International Conference on Teaching, Learning and Technology (ICTLT 2023) (pp. 234-240). Atlantis Press.

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z

Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Nasional Pendidikan HMPS, 1–16.

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaean Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27.

Muliawati, B. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM Dengan Model PBL Pada Materi Bakteri Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang.

Novitasari, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolag Dasar tentang Isu Sains Religius pada Materi Daur Hidup Hewan. Upi Repository Edu. https://repository.upi.edu/29999/

Pauziah, H. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolag Dasar. UPI Repository Edu. https://repository.upi.edu/77313/

Putri, D. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. UPI Repository Edu. https://repository.upi.edu/77954/

Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 9(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Rottherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21 st Century Skills: The Challenges Ahead. Teaching for the 21st Century, 67(1), 16–21.

Sari, D. P., Hasanah, D., & Barriyah, I. Q. (2023). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Projek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. 15(2).

Setiawan, B., Pramulia, P, Wardani, I. S., Kusmanarti, D., & Juniarso, T. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Pembelajaran Masyarakat, 1(1), 46–57.

Soros, P., Ponkham, K., & Ekkapins, S. (2017). The Result Of STEM Education Methods For Enhancin Critical Thinking And Problem Solving Skill In Physics The 10th Grade Level. International Conference for sience educators the teachers (ISET),.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Techonologhy, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 199–210.

Published

2024-06-30

How to Cite

Wike Sintia, A., Bayu Kelana, J., & Ramadhan Firdaus, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar . Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22907

Issue

Section

Articles