Pengembangan Media Roda Berputar (Rotar) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Trikarya
(1) Universitas PGRI Silampari
(2) Universitas PGRI Silampari
(3) Universitas PGRI Silampari
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media roda berputar (rotar) dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Trikarya. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil uji kevalidan diperoleh skor keseluruhan sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Hasil dari uji kepraktisan dengan skor rata-rata keseluruhan 94,21 dengan kategori sangat praktis. Dan hasil dari uji efektifitas dengan skor rata-rata keseluruhan 0,77 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media roda berputar (rotar) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektivitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ananda, D., Sari, V. P., Untari, M. F. A. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Menggunakan Media Paperku Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 02 Sitemu Pemalang. Jurnal of Primary and Children’s Education, 1, 22–26.
Gusdiana, P,. Egok, A. S,. Firduansyah, D. (2021). Pengembangan Media Kotak Permainan Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Lubuklinggau. Jurnal Of Elementary School Education, 1, 41–50.
Kelana, J. B., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2021). Learning Methods and Critical Thinking Ability on Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.29940
Lestari, F., Egok, A. S., Febriandi, R. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem bases learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 37, 27–32.
MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3, 75–83.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. PT Indeks.
Siregar, L. R., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Diprogram Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4, 44–50.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA, Cv.
Wardani, D. S., Kelana, J. B., & Jojo., Z. M. M. (2021). Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-based Natural Science Online Learning. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 98-108. https://doi.org/dx.doi.org/10.23917/ppd.v7i1.9652
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpp.v1i2.10918
Article Metrics
Abstract view : 69 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 55 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) published by: Jl. Terusan Jenderal Sudirman | Location: |
JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.