Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613Keywords:
lkpd, liveworksheets, kemampuan pemahamanAbstract
Permasalahan yang ada dilapangan sebagian guru hanya melakukan pembelajaran dengan metode ceramah saja tanpa adanya bahan ajar berupa LKPD pembelajaran praktik hanya sesekali digunakan khususnya pembelajaran IPA hanya di contohkan saja dan tidak ada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. LKPD yang digunakan  masih berupa buku atau modul. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk LKPD interaktif  yang valid dan praktis menggunakan berbantuan liveworksheests untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development (Rnd) dengan model Borg and gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket validasi digunakan kepada 3 ahli, yakni ahli media, ahli materi dan ahli praktisi. Angket validasi yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang akan dikembangkan serta soal tes berupa pretest dan postest. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh rata rata dalam ahli media sebesar 95 % sedangkan ahli materi 97% dan ahli praktisi 100% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa pada saat uji terbatas memperoleh hasil 85% dan uji luas 87% dengan kategori sangat tertarik dan untuk soal tes memperoleh nilai Ngain sebesar 0,67 dengan interpretasi sedang.
Â
References
Ain, Qurrotul, and Mitarlis Mitarlis. 2020. “Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi.†UNESA Journal of Chemical Education 9(3): 397–406.
Andriana, Encep et al. 2020. “ANALYSIS OF STUDENT LEARNING ACTIVITIES IN SCIENCE LEARNING USING INQUIRY MODEL BASED ON LOCAL WISDOM.†JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6(1): 92–99.
Asmaryadi, Ahmad Ilham, Yulia Darniyanti, and Nikmatun Nur. 2021. “Jurnal Basicedu.†Jurnal basicedu 5(4): 2541–49.
Az Zahra, Fatimah, and Erianjoni Erianjoni. 2022. “Pengembangan LKPD Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Suliki.†Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 1(1): 84–92.
Fauzi, Asri, Aisa Nikmah Rahmatih, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. 2021. “View of Penggunaan Situs Liveworksheets Untuk Mengembangkan LKPD Interaktif Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pengabdian Masyaraka 2(3).
Hendawati, Yuyu, and Cici Kurniati. 2017. “Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya.†Metodik Didaktik 13(1): 15–25.
Indriani, Sevin et al. 2022. “Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat Dan Segitiga.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1): 3959–66.
Kelana, J. B., Robandi, B., and A Widodo. 2022. “Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School?†International Journal of Elementary Education 6(2).
Kumala, Farida Nur. 2016. “Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.†In ed. Farida Nur Kumala. Malang: Ediide Infografika.
Maghfiroh, Resti Duriyatul, Achmad Fanani, and Wahyu Susiloningsih. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran ‘3D Glasses’ Pada Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Di Sekolah Dasar.†(April): 241–48.
Marliyah, Siti. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR.†JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 7(2): 169–169.
Mukholifah, Madinatul, Urip Tisngati, and Vit Ardhyantama. 2020. “Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik.†Jurnal Inovasi Penelitian 1(4): 673–82.
Munir, Nilam Permatasari. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E-Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo.†Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 6(2): 167–78.
Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. INOVASI MODEL. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurhaida, Nurhaida. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 05 KABAWETAN.†Jurnal PGSD 9(3): 301–7.
Pawestri, Elok, and Heri Maria Zulfiati. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran.†TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6(3).
Pertiwi, Dyah Ayu Bekti, Eny Enawaty, and Husna Amalya Melati. 2017. “PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 SANGGAU.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2(6).
Rahayu, Wanti, Ari Irawan, and Rahnita Nuzulah. 2022. “Android-Based Mathematics Learning Application with Elements of Etnomathematic Sundanese Traditional Games.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 6(1): 39.
Retno, Ponco Dewi, Mei Fita Asri Untari, and Ulin Nafiah. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N 6 Getas Menggunakan LKPD Online Dengan Aplikasi Liveworksheet.Com Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang.†Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar 11(1): 45–55.
Rohmaini, Luthvia et al. 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall.†Teorema: Teori dan Riset Matematika 5(2): 176.
Rosa, Dwiki Meila et al. 2022. “PENGEMBANGAN E-LKPD LARUTAN ASAM BASA BERBASIS INKUIRI Development of Guided Inquiry Based E-LKPD on Acid-Base Topic to Increase Students Learning Motivation.†8119.
Suparlan. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.†Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 1(2): 79–88.
Syafa’ati, Annisa Aulia. 2017. 110265 “PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN.†UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Umaroh, Umi, and Sri Sulistyorini. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa.†Joyful Learning Journal 6(2): 116–22.
Wardani, D. S., & Kelana, J. B., and Z. M. M. Jojo. 2021. “Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-Based Natural Science Online Learning.†Profesi Pendidikan Dasar 8(2): 98-108.
Widiyani, Afifah, and Puri Pramudiani. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet Pada Materi PPKn.†DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5(1): 132.
Winarto, Lutfianingsih, and Dwi Hesty Kristyaningrum. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V.†6(1): 101–12.
Yulia, Irma, Connie Connie, and Eko Risdianto. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya Di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu.†Jurnal Kumparan Fisika 1(3): 64–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Marlinda Marlinda, Penggunaan Strategi Story Impressions untuk Mengembangkan Kemampuan Analisis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa SMP , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Evie Rahmawati, Latifah Latifah, Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Zulfa Kulsum, Lilis Masitoh, Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Aris Al Gimdi, Hana Sakura Putu Arga, Uus Kuswendi, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Phair Check Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Toleransi Pada Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Evie Kareviati, Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Ayu Erika Puspasari, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Hanifah Hanifah, I Nengah Suastika, Dewa Bagus Sanjaya, A Systematic Review of Gamification-Based Learning Resources in Civic Education: Enhancing Student Engagement and Civic Competence , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
You may also start an advanced similarity search for this article.