Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Phair Check Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Toleransi Pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.20340Keywords:
model kooperatif, pemahaman sosialAbstract
Pada penelitian ini mengkaiji tentang pembentukan sikap dan perilaku toleransi siswa terhadap keberagaman suku bangsa, adapun tujuan dari penelitian ini yakni : (a) penggunaan model kooperatif tipe phair check untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV, (b) respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe phair check untuk meningkatkan keterampilan sosial toleransi, (c) mengetahui kesulitan guru dalam pembelajaran ips dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe phair check. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar yang terletak di kabupaten Bandung dengan jumlah parsitipan sebanyak 20 siswa dan 1 orang guru kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix methods dengan desain eksplanatori sequential dengan desain one grup pretest-postes. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan observasi, respon siswa dan guru. Reduksi data yang diperolah dari hasil verifikasi data menggunakan apikasi SPSS dan Ms.Excel. Adapun hasil dari penelitian ini yakni : (a) model pembelajaran kooperatif tipe phair check dapat meningkatkan keterampilan sosial toleransi pada siswa kelas IV SD, (b) siswa masih mengalami kesulitan, hal ini disebabkan karena adanya ketergantungan dengan kelompoknya (teman dekatnya), kurangnya fokus dan parsitifasi aktif siswa ketika pembelajaran berlangsung, (c) kesulitan guru yang di dapatkan yakni kurangnya durasi waktu untuk menjelaskan langkah-langkah pembelajaran kepada siswa.
References
Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia (Telaah dari aspek pembelajaran). Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/148
Ansori, M. (2020). Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. In Pusdiklat Perpusnas. Iaifa Press.
Aris, T. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check (Pasangan Mengecek) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas V dan VI SDN 01 Tanggung Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pedagogik Olahraga, 42–55.
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Modelling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Darmawati, D. (2014). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014, 3(2004), 121–128.
Farhana, A., Yuanita, P., Roza, Y., & Riau, U. (2023). Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Mathema Journal E-Issn, 5(2), 2023.
Hamidah, S. (2015). TOLERANSI PERGURUAN PENCAK SILAT (Pagar Nusa, Kera Sakti dan PSHT). 11–31.
Hanafri, M. I., & Oktapiani, S. (2013). Aplikasi Pengenalan Peta Indonesia, Adat Istiadat dan Suku Bangsa. Jurnal Sisfotek Global, 3(2), 14–18. http://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/26/27
Julia Agustin, N. K. T., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 239–249. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148
Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356
Masi, R., Maran, M. D. M. M., & Anwari, A. M. (2021). Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan. Edu Publisher. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33712
Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Rahmawati, M. (2016). BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Keterampilan Sosial (Social Skill) 2.1.1 Pengertian Keterampilan Sosial (Social Skill).
Rejeki, E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di SMA Negeri 1 Sibabangun. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 75–81.
Safitri, N. A. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 938, 6–37.
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824
Sari, S. P. Y. D. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. Pendidikan Matematika, 1(2), 28–35.
Shafa, S. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(32), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9
Shinta, W., & Elviana, L. (2021). Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018a). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasisnilai Karakter Mandiri Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.