Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206Keywords:
bahan ajar, STADAbstract
Bahan ajar merupakan alat atau bahan yang berisi materi pelajaran dan disusun secara sistematis agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pengembangan bahan ajar materi interaksi sosial berbasis model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kalayakan bahan ajar menurut ahli dan praktisi, dan kepraktisan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dengan model Borg and Gall yang dibatasi sampai langkah ke sembilan. Subjek penelitan adalah siswa kelas V SD. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kelayakan bahan ajar memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 88 %, ahli media sebesar 93%, dan praktisi sebesar 82%. Dari ketiga penilaian tersebut menunjukan kelayakan bahan ajar termasuk kategori sangat layak. Hasil respon siswa pada uji terbatas 87% dan uji coba luas sebesar 90% atau dapat dikatakan sangat praktis. Maka dari itu, pengembangan bahan ajar ini layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Achmadi, & Basri, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Pasal 33 1945. Jurnal VISI ilmu Pendidikan, 12(1), 53-59.
Adeliawati, D. N., Dewi, S,M, & Haerudi. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 18-29.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original researchof mathematics), 2(1), 28-36.
Dewi, C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah sosial IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandu, 5(2), 155-167.
Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101-114.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model stad dalam meningkatkan hasil belajar siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Hamdi, H. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1(1).
Hanafi. (2017). Konsep penelitian R & D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten, 4(2), 129-150.
Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123-128.
Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26.
Hidayati, N., & Istiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 178-185.
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113-124.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10-17.
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.
Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-9.
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (3), 251-263.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Mardiana, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87-91.
Marheni, N. L. G., Sujana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).
Novayana, I. G., Margunayasa, I. G., & Renda, N. T. (2021). Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59-68.
Prasetyo, L. A. (2015). Pengembangan Game Edukasi “Merakit Komputer Yuk” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Dan Perakitan Komputer Untuk Peserta Didik SMK Kelas X Di SMK Batik Perbaik Purworejo. Yogyakarta. Jurnal Pendidikan.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1-26.
Wijaya, H., & Arismuandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.
Yanti, Y., & Asrizal, A. (2019). Pengertian, Jenis-jenis, Dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak Maliputi Hand Out, Modul, Buku (diktat, Buku Ajar, Buku Teks), LKS Dan Pamflet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.