Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10362Keywords:
model pembelajaran kontekstual, keterampilan berbicara, kartu bergambarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD dengan menggunakan media flash card(kartu bergambar). Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris, yaitu merujuk pada hasil tes akhir serta wawancara yang diberikan kepada peserta didik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswakelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung.
References
Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057.
Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229.
Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187–192.
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. DEIKSIS. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Lindawati, N. P. (2019). KEEFEKTIFAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Loeziana Uce. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess.
Wampika, W. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 87 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. SELAMI IPS. https://doi.org/10.36709/selami.v12i2.10854
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Vinka Riantini Rukman, Asep Samsudin, Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Maya Hilma Khoirunnisa, Diana Ermawati, Imada Khairunisa, Increasing Interest in Learning Mathematics Through the Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Approach in Grade II Elementary School Students , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Iksan Saputra, Elya Rosalina, Asep Sukenda Egok, Pengembangan Media Roda Berputar (Rotar) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Trikarya , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Ayu Aisyah Fadillah, Asep Sukenda Egok, Novianti Mandasari, Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Muh Ganjar Lugina, Yuni Artiani, Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, Application of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Risma Nuriyanti, Susilawati, Deceni Amelia, Abih Gumelar, The Effect of Ethnolinguistic-Based Experiential Learning Model on Critical Thinking Abilities of PGSD Students , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Sulasmi Sulasmi, Persepsi Guru terhadap Belajar Toleransi dalam Islam pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
You may also start an advanced similarity search for this article.