Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10362Keywords:
model pembelajaran kontekstual, keterampilan berbicara, kartu bergambarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD dengan menggunakan media flash card(kartu bergambar). Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris, yaitu merujuk pada hasil tes akhir serta wawancara yang diberikan kepada peserta didik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswakelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung.
References
Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057.
Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229.
Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187–192.
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. DEIKSIS. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Lindawati, N. P. (2019). KEEFEKTIFAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Loeziana Uce. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess.
Wampika, W. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 87 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. SELAMI IPS. https://doi.org/10.36709/selami.v12i2.10854
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Izzah Millati, Agustina Tyas Asri Hardini, Improving the Cooperation Attitude of Grade V Students Through the Application of Problem-Based Learning Model in Pancasila Education Subjects , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 4 No. 1 (2025): June
- Teti Suharyati, Hana Sakura Putu Arga, Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah, Neneng Kurnia Sandi, Rima Rahmawati Permana, Sulastri Nurmaya, Ryan Dwi Puspita, Analisis Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Inthan Nenditha, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDP Al- Basyariah , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Nina Vania, Wahyu Hidayat, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Lilis Rosmiati, Iis Ristiani, Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MTs , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Project Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Husni Qodariah, Sylvia Rabbani, Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Siti Patimah, Jajang Bayu Kelana, Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Greesla Anggera Jaya, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
You may also start an advanced similarity search for this article.