Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.13024Keywords:
book creator, solar system scope, pemahaman konsepAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan sebuah produk yang layak, praktis serta efektif bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model dari Borg and Gall, subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pengembangan, dimulai studi literatur dan studi lapangan melalui proses wawancara untuk mengetahui potensi serta masalah dalam pembelajaran IPA serta membuat rancangan awal produk. 2) Menghasilkan produk Bahan Ajar menggunakan model Student Teams Achievement Division yang layak untuk meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa pada materi tata surya, ditinjau dari hasil nilai kelayakan oleh validator yang memperoleh nilai layak. 3) Bahan ajar ini disambut baik oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran hal ini dapat dibuktikan dengan angket respon siswa yang memperoleh kategori menarik. 4) bahan ajar menggunakan model STAD berbantuan Book Creator dan Solar system scope dapat meningkatkan kemampuan konsep IPA. Hasil dari peningkatan belajar siswa pada ranah kognitif memperoleh nilai gain 0,76 sebesar yang artinya peningkatan hasil belajar ranah kognitif kategori tinggi untuk uji skala luasReferences
Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar di Masa Covid-19. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3),794-805.
Angriyani, dkk. (2018). Peningkatan model STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA Negri 1 Tebas.
Fikrah, Z. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1183-1198
Jaya, G. A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 18-24.
Kristin, F.(2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Ditinjau DARI Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektifitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasae: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Maghfiroh, R.D., Fanani, A., & Susiloningsih, W. (2022). Pengembangan Media Kuis Berbasis Mentimeter Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 di Kelas V Sekolah Dasar. SNHRP, 241-248.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.
Permendiknas No 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013
Perwita Sari, S., & Fahmi Damanik, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA E-Booklet Berbasis MIKiR Pada Materi Pembelajaran Tata Surya Sebagai Sumber Belajar Daring Di Sekolah Dasar. Disertasi. UMSU
Purwati, N. L. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD di Kelas VI SD Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(1), 14-19.
Rahayu, F. F., Rifqiawati, I., Hendriyani, M. E., & Khastini, R. O. (2022). Revisi dan Respon Siswa Kelas XI SMA terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Sirkulasi Manusia. EDUKATIF: jurnal ilmu pendidikan, 4(2), 2228-2237
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol, 4(1).
Wardani, D. S., Kelana, J. B., & Jojo, Z. M. M. (2021). Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-based Natural Science Online Learning. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 98-108.
Zahra, FA, & Erianjoni, E. (2022). Pengembangan LKPD Model Discovery Learning untukMenggunakan Pemahaman Konsep Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Suliki. Naradidik: Jurnal Pendidikan dan Pedagogi, 1(!), 84-92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).