Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356Keywords:
pemahaman konsep matematika, media manipulatif, pembelajaran berbasis masalahAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui skenario dan implementasi penerapan pembelajaran, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampelnya adalah siswa Kelas 5 Paladium SD Islam Cendekia Muda yang berjumlah 20 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari respon siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah positif sebesar 77,45% . Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata siswa 89,0 (baik sekali) yang berarti adanya peningkatan pemahaman konsep matematis dengan ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang yaitu dengan media manipulatif dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Â adalah tepat.References
Altaftazani, D. . H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. 7(2), 185–191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006.
Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437.
Djuanda, M., Hairun, Y., & Suharna, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Lingkaran. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
El Afif, V. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA JARING-JARING BANGUN RUANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH ACTIONSCRIPT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, A. (2018). Media Pembelajaran Manipulatif dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, 205–211.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Towe, M. M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Luas Permukaan Balok. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124.
Tristanti, L. B. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)