Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356Keywords:
pemahaman konsep matematika, media manipulatif, pembelajaran berbasis masalahAbstract
References
Altaftazani, D. . H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. 7(2), 185–191. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2006.
Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437.
Djuanda, M., Hairun, Y., & Suharna, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Materi Lingkaran. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
El Afif, V. A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA JARING-JARING BANGUN RUANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ADOBE FLASH ACTIONSCRIPT UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.346.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, A. (2018). Media Pembelajaran Manipulatif dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, 205–211.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Towe, M. M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Luas Permukaan Balok. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124.
Tristanti, L. B. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Similar Articles
- Ricke Agsela Tikuasa, Titin Supiani, Lilis Jubaedah, Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa (Studi Kasus: Siswa Student Day SMA Plus PGRI Cibinong) , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 2 (2023): December
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STEM di Kelas VI Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Zulfa Kulsum, Lilis Masitoh, Analisis Minat Belajar Kelas IX-A SMP Negeri 8 Cimahi pada Materi Perpangkatan Mata Pelajaran Matematika dengan Berbantuan Media Ular Tangga , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Ayu Aisyah Fadillah, Asep Sukenda Egok, Novianti Mandasari, Pengembangan Media Bola Hitung Berbasis Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II MI Nurul Islam Lubuklinggau , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah, Neneng Kurnia Sandi, Rima Rahmawati Permana, Sulastri Nurmaya, Ryan Dwi Puspita, Analisis Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 1 (2024): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, Penggunaan Model Project Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 3 No. 2 (2024): December
- Juniar Maulani, Jajang Bayu Kelana, Asep Kurnia Jayadinata, Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 2 (2022): December
- Rai Restu Gustina, Asep Kurnia Jayadinata, Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
- Muh Ganjar Lugina, Yuni Artiani, Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 1 No. 1 (2022): June
- Risky Tri Juniar, Ruli Setiyadi, Evi Susanti, Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Teks Cerita Siswa Kelas IV SD , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol. 2 No. 1 (2023): June
You may also start an advanced similarity search for this article.