Pemanfaatan Media Audio Visual dan Quizizz Pada Pembelajaran Daring Surat Pribadi dan Surat Dinas
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.15061Keywords:
media pembelajaran, audio visual, quizizzAbstract
Adanya pandemi membuat proses pembelajaran yang semula dilakukan secara langsung langsung diubah menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, sangat penting untuk seorang guru menggunakan berbagai media untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media audiovisual dan Quizizz pada pembelajaran daring surat pribadi dan surat dinas. Dalam materi surat pribadi dan surat dinas rata-rata peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi tersebut, hal ini dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka yaitu mencari informasi pada jurnal, artikel, buku, dan berbagai macam referensi lainnya untuk menunjang penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran audiovisual sangat membantu dalam pemahaman dan lebih menarik dalam mempelajari materi pembelajaran disaat pembelajaran daring. Pengaplikasian media Quizizz dalam pembelajaran daring menjadikan permasalahan kejenuhan peserta didik teratasi dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan serta hasil belajar peserta didik dalam materi surat pribadi dan surat dinas meningkat dengan rata-rata memperoleh di atas kriteria ketuntasan minimal. Kedua media tersebut dapat dikatakan efektif dan membuat peserta didikpun tidak merasa bosan dan lebih aktif lagi setiap menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.
References
Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859
Aini, Y. I. (2019). (PENTING) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.
Azhar, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi. Rajawali Pers. https://doi.org/http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4667
Cahyani, D. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Teks Surat Pribadi Dan Surat Dinas Smp Negeri Di Kabupaten Sleman. Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1, 7(6), 655–666.
Chávez Arcega, M. (2010). Instructional technology and media for learning. Revista Mexicana de Investigación Educativa.
Degirmenci, R. (2021). The Use of Quizizz in Language Learning and Teaching from the Teachers’ and Students’ Perspectives: A Literature Review Article Info Abstract. Language Education and Technology (LET Journal), 1(1), 1–11. http://langedutech.com
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Pelatihan Peningkatan Pembelajaran Daring Online Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 426–431. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.943
Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN SAINS. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan, 4(1), 18–22.
Maghfiroh, R. D., Fanani, A., & Susiloningsih, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “3D Glasses” Pada Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Di Sekolah Dasar. April, 241–248.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis dan Penelitian Deskriptif. Jakarta: Referensi (GP Press Group.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Eductech Undiksha, 7(1), 12–22.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Peserta didik dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Traditional Games Improve Children’s Basic Skills. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.
Wasonowati, T. R. R., Redjeki, T., & Ariani, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).